GRATIS Panduan ECourse Cara Membuat Landing Page 2023 bersama Agungnesia Klik Disini

Cara Menentukan Apakah ada Iklan Adsense di Niche Tertentu untuk Blog

Bagi para blogger mungkin sudah tidak asing tentang isitlah niche blog atau niche keyword. Siapa sih yang gak kepengan punya blog impresi yang bagus. Ya dalam artik RKTnya tinggi. Sekalipun pengunjung blog sedikit, tetapi kemungkinanya di klik besar. Apalagi kalau blognya rame, tentu lebih tinggi kemungkinan iklan adsense di klik.

Seringkali untuk mengecek apakah suatu niche keyword yang disasar ada iklan atau gaknya kita cek di pencarian Google dan Keyword Planner. Mesikpun dua cara ini sudah dianggap cara paling powerful ternyata masih saja ada minusnya. Maka disinilah peran manusianya.

Tujuan pencarian iklan adsense ini adalah, agar ada iklan yang nongol di blog kita. Ya karena tujuannya bikin blog niche dan ada iklan di niche tersebut. Kalau sudah bikin blog niche bahkan sering tu nongol peringkat 1 atau 2, tetapi gak ada iklan yang relevan maka sama saja bohong. Tidak jarang pula ada black space alias iklan tidak nongol.

Sebelum kesana, kita bahas dulu apakah ada iklan adsense di niche yang akan kita bidik.

1. Pencarian Google

Percuma kan bikin blog tapi tidak menguntungkan. Catatan hal ini berlaku untuk tujuan blog adsense lho ya atau dapat saya katakan khusus untuk menjawab bagaimana mencari uang dengan blog. Kalau blog lain seperti buat jualan dan personal branding lain lagi. Lanjut. Maka untuk memastikan ada iklan atau tidaknya dengan cara melihat hasil pencarian Google adalah cara yang paling sederhana.

Silahkan ketik kata kunci yang akan dibidik di Google misal "harga asuransi mobil"

Jika ada iklan yang nongol seperti gambar ditas, maka sudah jelas bahwa ada orang yang pasang iklan di niche keyword tersebut. Maka bisa dikatakan lampu hijau.

Hasil pencarian ini hanya menentukan bahwa ada pemasang iklan di Adword, tetapi belum tentu iklan nongol di Google. Hal ini karena pada sipemasang iklan hanya melakukan pengaturan di Adword hanya untuk hasil pencarian di Google. Sedangkan iklan mereka tidak akan tampil di blog.

2. Keyword Planner

Keyword planner akan memberikan data lebih akurat. Ya meskipun sekarang super ribet untuk research keywod dengan tools ini tapi tetap usahakanlah bisa pakai cara ini.


Dari hasil riset keyword "harga asuransi mobil' pada Google Keyword Planner diatas jelas bahwa ada harga yang ditampilkan untuk keyword tertentu. Misal "asuransi mobil terbaik" harga iklanya terendahnya adalah Rp. 13.576. Maka dapat disimpulkan ini juga lampu hijau jikalau mau buat blog niche.

Ternyata dari dua cara menentukan apakah ada iklan adsense di niche tertentu untuk blog ternyata belum cukup. Ada cara ketiga yang harus dilakukan. Cara ketiga ini adalah cara manual yang memang harus dilakukan sabar. Kenapa demikian.

3. Cara Manual

Cara manual ini dilkukan untuk memastikan apakah benar - benar ada iklan yang akan nongol di blog. Catet sekali lagi benar - benar nongol di blog. Karena cara pertama dan kedua bisa saja hanya nongol di hasil pencarian tetapi tidak nongol di blog. Kalau gak nongol di blog, terus bisa apa kita. Sama saja kita rugi.

Caranya adalah dengan cara akan mencari blog atau web lain pada kata kunci yang sasar. Misal kata kunci "harga asuransi mobil" maka buka lah blog - blog sebelumnya. Lalu jika di blog atau web tersebut ada iklan semacam asuransi yang nongol maka selamat ada pemasang iklan yang memang melakukan pengaturan agar iklan mereka nongol di blog/ web.

Untuk keyword "harga asurasni mobil" ini tidak saya temukan padahal hingga halaman ke 9 Google. Jadi kalau anda mau bikin blog dengan niche ini, waduh coba pikir - pikir lagi. Kecuali kalau anda ketemu blog yang memang muncul dengan iklan asuransi di Google.

Saya yakin sejuah ini tidak sedikit dari kita yang terjebak baru pada cara pertama dan cara kedua. Saya sendiri pun juga mengalami hal yang sama. Saya baru tahu setelah mau pasang iklan Adwords. Ternyata opsi yang ada di Adwords itulah yang bisa diasumsikan kenapa tidak semua iklan adsene muncul di blog.

Solving

Lalu Bagaimana jika sudah kadung, konten sudah banyak. Eh ternyata iklan sering gak muncul, iklan yang muncul kurang relevan, kalau muncul pun juga sedikit.

Gak usah kuatir. Adsense bukan cara satu - satunya cara untuk mendapatkan iklan. Jika kita punya blog yang cukup kredibel dan memang punya rating bagus untuk keyword tertentu masih ada harapan kok.

Blogger bisa buka layanan pasang iklan banner, iklan review, dan iklan lainya. Yang intinya menjadikan blog sebagai media untuk promosi. Misal si A lihat blog sobat dan teratik tu. Nah buka saja layanan iklan banner. Kalau sekali pasang banner Rp. 300 ribu per bulan juga sudah lumayan. Belum lagi kalau ada orang yang pengen dapet back link dari blog tersebut atau pengen asuransinya di ulas dan lain sebagianya.

Cara diatas juga berlaku untuk Youtube, seringkali kita lihat bahwa banyak iklan di Youtube yang tidak sesuai dengan konten. Rugi banget kan. Alhasil nilai kliknya sangat rendah.

Alat hanyalah sarana. Peran manusia ternyata tak terelakan meskipun sudah dibantu dengan seduang alat yang super canggih.

Anda mengalami hal yang sama seperti saya? Tulis komentarnya dibawah ya!
Agungnesia Agungnesia, seorang blogger yang fast respon melayani pembuatan artikel SEO dan pembuatan website di agungnesia.com

Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Apakah ada Iklan Adsense di Niche Tertentu untuk Blog"