Cara Memindahkan Web dari Wordpress ke Blogspot

Kalau kebanyakan cara yang dicari adalah bagaimana cara memindahkan web dari Blogspot ke Wordpress (Wordpress.org). Tapi, kalau webnya kurang menguntungkan atau karena alasan lain, bisa saja web yang ada di CMS Wordpress (hosting berbayar) dipindah ke CMS Blogger yang 100 persen gratis. Saya sendiri juga mengalami melakukan pemindahan dari blog Wordpress ke Blogspot dan cara ini 100 persen jadi. 
Plus bukan hanya jadi, tetapi link yang sudah tersebar ikut terselamatkan sehingga tidak terjadi page not found. Ya walalu tidak 100 persen, tapi kayaknya hampir 99 persen link selamat. Page not found terjadi karena permalik (tautan permanen) antara Wordpress dan Blogspot kan berbeda. 

Kenapa tidak langsung diimport saja file .XML Wordpress ke Blogpsot? ya karena gak bisa diunggah, maka harus ada tata caranya.

Nah berikut ini tata cara memindahkan web dari Wordpress ke Blogspot jitu dan tetap menyelamatkan link/ mengatasi broken link / page not found pada blog baru. 

A. Unduh File XML Wordpress

Sekarang silahkan unduh file XML Wordpress web yang bersangkutan. Kalau belum tahu caranya. Berikut caranya.

1. Login ke WP Admin Wordpress

2. Lalu klik Tools -> Export -> Download Export File


B. Merubah XML Wordpress ke XML Blogspot

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, karena XML Wordpress tidak bisa diunggah di Blogspot, maka harus dirubah dulu menjadi XML Blogspot.

1. Kunjungi wordpress2blogger-converter.appspot.com

2. Klik Choose File, lalu pilih file XML yang telah di download tadi

3. Klik CONVERT, maka otomatis akan keunduh setelah selesai proses covert


C. Import Konten di Blogspot

Import konten di Blogspot ini maksudnya import file XML Blogspot yang telah didapat dari langkah C diatas. Jika belum tahu cara Import konten XML Blogspot caranya yaitu:

1. Login ke Blogger / Blogspot yang besangkutan

2. Klik Setelan -> Lainya -> Import Konten



3. Pilih salah file XML Blogpspot

Sampai disini maka web dari Wordpress sudah dipindah ke Blogspot sepenuhnya. Akan tetapi masih ada satu lagi yaitu menjengah broken link/ page not found

D. Mengatasi Broken Link/ Page Not Found

Mengatai Broken link/ page Not found ini diakukan secara keseluruan  pada semua artikel. Jadi akan dilakukan satu persatu. Hal ini agar tidak ada satu artikel pun yang sudah kadung nangkring di Google hilang (not found) tetapi langsung terarah ke web baru dengan CMS blogspot. Hal ini karena permalink (tautan permanen) antara Wordpress dan Blogspot itu berbeda. 

Pengalihan link dari permalink lama ke permalink yang baru itu juga disebut dengan Redirect. Kalau di CMS Blogspot disebut Pengalihan khusus. Singkatnya mengatasi broken link dari Wordpess tersebut adalah dengan cara Pengalihan khusus

Lho bang, situ copy paste link satu persatu dari Wordpress ke Blogspot? Iya ane satu persatu semalam suntuk, bahkan tambah pagi harinya juga, karena ada eksperiman yang gak jadi. 

Ini langkah Redirect / Pengalihan khususnya.

1. Login ke Blogspot yang bersangkutan

2. Klik Setelan - > Preferensi Penelusuran -> pada Penglihan Khusus klik Edit 




3. Klik Pengalihan Baru, lalu copy paste link artikel di Wordpress tanpa mengikutkan domian


4. Copy paste link artikel di Blogspot tanpa mengikutkan domain, lalu klik Simpan -> Klik Simpan Perubahan


Selesai sudah. Selamat, sekarang pengalihan web dari Wordpess ke Blogspot dan menyelamatkan link setiap artikel

Seperti yang saya katakan sebelumnya, jika ingin menyelamatkan semua artikel, maka lakukan redirect diatas pada semua artikel satu persatu. 

Cara diatas sudah saya coba dan berhasil. Silahkan lakukan experimen pada blog sobat. Baca runtut dari langkah A sampai D. Yang saya alami sih konten blog menjadi berantakan, ya namanya saja pindah tempat, saya anggap lumrah lah. Namanya saja ngirit. ya mau gak mau kalau sempat perbaiki tu satu persatu dan sedihnya lagi itu gambar thumnail (featured image) gak muncul meskipun gambar tidak hilang. 

1 Response to "Cara Memindahkan Web dari Wordpress ke Blogspot"

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar