GRATIS Panduan ECourse Cara Membuat Landing Page 2023 bersama Agungnesia Klik Disini

Statistik Jenis CMS Blog di Indonesia

Mencari jumlah atau statistik jenis blog atau jenis jenis CMS atau jenis provider yang digunakan oleh blogger Indonesia itu susah banget. Sudah cari di sosiasi Penyelengara Jaringan Internet Indonesia (APJII) ternyata tidak ada, saya hanya menemukan jumlah blogger Indonesia saja, itupun yang tahun 2015, sedangkan jumlah blogger / nara blog tahun 2016 dan 2017 tidak tersedia. Apalagi mau cari pengguna blog berdasarkan jenis blog yang digunakan lebih susah lagi. 

Data pengguna blog berdasarkan jenis blog, saya butuhkan untuk kebutuhan penelitian, mungkin anda juga mencari profil ini untuk keperluan lain. Nah berikut ini hasi survey blogger berdasarkan jenis blog / CMS yang saya survey sendiri dari sejumlah group facebook besar di Indonesia dan beberapa group kecil. Walaupun sudah saya lakukan survey dengan cara mengirimkan pos "jajak pendapat" di group facebook besar, ya mohon maaf hanya sedikit yang mau kasih vote, padahal anggota setiap groupnya mencapai ribuan. Ya sudah paling tidak sample ini cukup mewakili untuk mengetahui jenis blog apa yang paling dominan.

Survey yang saya lakukan yaitu dengan menggunakan pertanyaan "Jenis blog apa yang kamu pakai?" biar lebih luwes dibawahnya saya berikan 5 pilihan yaitu Blogpsot, Wordpress org, Wordpress com, Tumblr, dan lainya. Survey yang saya lakukan sekitar 1 setengah hari mulai dari Rabu Pagi terus berakhir pada Kamis Malam. Karena sudah tidak ada notifikasi lagi, saya rasa sudah cukup dan biasanya kalau post digroup juga sudah kegeser dengan pos yang lain, sehingga saya asumsikan data sudah jenuh. Berikut statistiknya.

Table: Statistik Jenis CMS yang digunakan oleh blogger Indonesia 2017 diatas menunjukan bahwa CMS yang paling banyak digunakan oleh blogger Indonesia adalah Blogger atau Blogspot. Jumlahnya mencapai 60,8 % atau dapat dikatakan melebihi separo dari CMS lainya. sedangkan Tumblr hanya 4,1 persen. Satu suara saya kategorikan tidak sah karena ada yang mengisi dengan self hosting, saya tidak tahu kenapa kok bisa mengisi sendiri, padahal saya tidak menyeratkan pilhan tersebut, sehingga saya katakan tidak sah

Melalui hasil ini, sebagai pembuktian rasa penasaran saya terhadap pengguna Wordpress.com yang digadang - gadang menjadi salah satu CMS paling favorit, banyak buku yang mengatakan demikian. Karena memang tidak bukti yang akurat maka saya lakukan survey sendiri, dan ternyata hasilnya Worpdres.com hanya menempati urutan ke tiga yaitu 10,3 %. 

Penulis menyadari bahwa, survey ini memang tidak dilakukan secara ilmiah berdasarkan metode penelitan survey. Penulis juga tidak pusa karena dari sekian banyak group facebok dengan jumlah anggota yang mencapai ratusan ribu hanya terkumpul 97 pemilih. Ya begitulah adanya. 

Sekali lagi Survey hanya untuk mewakili rasa penasaran akan jumlah pengguna blog atau CMS yang memang tidak saya temukan di internet. Mudah- mudahan ada survey yang lebih akurat untuk menentukan statistik pengguna blog Indonesia. Atau jika memang sudah ada boleh share pada kolom komentara dibawah ini. Semoga membantu. 



Agungnesia Agungnesia, seorang blogger yang fast respon melayani pembuatan artikel SEO dan pembuatan website di agungnesia.com

Posting Komentar untuk "Statistik Jenis CMS Blog di Indonesia"