01 Mei 2016

Format Menulis Artikel di Blog dengan Tepat

Agung Prasetyo

Menulis artikel di blog tidak hanya sekedar menulis saja atau sekedar copy paste saja. Perhatikan pula beberapa format penulisan artikel agar tulisan artikel di Blogger menjadi rapi dan nyaman untuk dibaca, antara lain: penulisan judul, penggunaan fitur – fitur penulisan (Heading, Bold, Link, Gambar, Alignment, dan Bullet), dan penggunaan pada Entri pos

A. Judul Pos

Buatlah Judul Pos secara singkat cukup 5 – 6 kata. Judul harus jelas dan mudah dipahami. Judul yang terlau pendek akan bermakna terlalu umum, sedangkan judul terlalu panjang dan susah diapahami. Contoh judul yang tepat: “Cara Membuat Blog dengan Blogspot”. Jangan hanya menulis judul “Membuat Blog” saja.

B. Heading

Gunakan Heading pada sub judul artikel untuk membedakan ukuran huruf antara artikel dan sub judul. heading pada blogspot terdiri dibagi menjadi tiga yaitu: Heading, Subheading, Minor heading. Sedangkan Normal untuk untuk ukuran isi artikel. Silahkan block sub judul lalu klik jenis heading yang dibutuhkan

C. Bold

Menebalkan kata kunci, lakukan blok pada kata kunci (keyword) yang sedang ditargetkan lalu klik Bold (B), misalkan judul artikel “Cara Membuat Blog dengan Blogspot” maka  kata kunci yang bisa ditebalkan adalah “Cara membuat blog”.

D. Link

Link merupakan tatuatan (url) yang mengarah pada suatu halaman blog tertentu. Terdapat dua jenis link yaitu: Internal link dan eksternal link. Internal link yaitu tautan yang mengarah pada blog itu sendiri. Eksternal link yaitu tautan yang mengarah pada blog orang lain. Fungsi internal link untuk menghubungkan (menautakan) antra satu artikel dengan artikel lain dan laman di dalam blog. Fungsi eksternal link yaitu untuk menautkan artikel dengan blog orang lain. Copy link yang akan ditautkan, klik Link lalu paste link yang tadi dicopy tadi pada Web address. Jika eksternal link maka centang Open this link in a new window. Jika internal link makat tidak perlu di centang

E. Gambar

Penggunaan gambar memang tidak wajib, akan tetapi saya lebih suka menggunakan gambar karena terlihat lebih menarik baik di artikel atau saat menggunakan template yang memiliki auto read more. Sebelum menambahkan (insert) gambar rubah nama gambar sama dengan nama judul artikel atau sesuai dengan nama gambar tersebut

F. Label

Label digunakan untuk mengelompokkan (mengkategorikan) jenis artikel. Satu pos artikel dapat menggunakan lebih dari satu label dengan menggunakan tanda koma (,) sebagai pemisah.

G. Jadwal

Pengaturan jadwal penerbitan pos ada dua jenis yaitu Otomatis dan Setel Tanggal dan Waktu. Jika memilih Otomatis maka artikel akan langsung terpublish. Jika memilih Setel Tanggal dan Waktu, maka tanggal dan jam penerbitan artikel dapat diatur.

H. Tautan Permanen

Tautan juga disebut Permalink merupakan alamat URL pada sebuah artikel. Tautan Permanen dibagi dua yaitu: Tautan Permanen Otomatis dan Tautan Permanen Khusus. Atur agar tautan permanen agar sama dengan judul artikel. Gunakan pemisah strip (-) untuk pemisah setiap kata. Misal: cara-membuat-blog-dengan-blogspot.

I. Alignment

Alignment digunakan untuk mengatur agar tulisan rata. Pastikan gunakan Justify untuk agar tulisan rata kanan kiri.

J. Numbered dan Bullet

Gunakan dua fitur ini agar tulisan tertata dalam bentuk list angka dan bullet.

K. Publikasikan

Setelah menulis judul yang tepat dan format penulisan artikel sesuai prosedur diatas, maka tinggal menerbitkan artikel klik Publikasikan. Selamat artikel telah terbit. Jika tidak ingin artikel tersebut diterbitkan langsung bisa disimpan terlebih dahulu klik Simpan atau ingin melihat dulu klik Pratinjau.

Demikian format penulisan artikel blog dengan tepat dan biasanya saya pakai. Sebenarnya masih ada fitur - fitur lain yang bisa digunakan, akan tetapi saya jarang memakainya. Dengan mengikuti format ini tampilan pos akan jauh lebih baik dan rapi, sehingga nyaman di baca.

Tips: buat teman - teman yang suka copy paste dari word atau doc atau dari internet paste dulu artikelnya di Notepad (aplikasi bawaan windows di komputer) baru paste di kotak (entri) penulisan di blog agar format dari file word atau doc hilang. Silahan berkomentar kalau ada pertanyaan.

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar