GRATIS Panduan ECourse Cara Membuat Landing Page 2023 bersama Agungnesia Klik Disini

Cara On-Page SEO Blog Blogspot

SEO atau dikenal dengan nama Search Engine Optimization adalah sebuah cara yang sering dilakukan oleh blogger untuk meningkatkan blog / webnya ke dalam mesin pencari Google tentunya mengejar halaman pertama. Blog SEO sendiri dibagi dua yaitu On-page dan off-page SEO. Nah kali ini saya akan menuliskan on page SEO yang sering saya pakai untuk sejumlah blog saya. Sedangkan off page SEO dapat dilakukan dengan membangun backlink. Bila anda minat anda dapat memakai semua atau sebagian saja, karena saya sendiri terkadang tidak memakai semuanya.  

Cara on page SEO Blog

Langsung TKP. Konsep yang kita bahas disini adalah untuk profit blog bukan blog gado - gado, walau sebenernya juga bisa diterapan juga.
1. Plih alamat atau domain blog yang niche (targeted keyword) jangan asal bikin judul blog seperti blog saya ini (agung-id.blogspot.com). Blog gado-gado dengan url yang tidak niche semacam ini susah rangking di google. karena kontenya tidak fokus, anda hanya akan kehilangan waktu dan capek nulis doank. (lo kok situ yang nulis kok tetep pakai blog gado2 hehe? sejauh ini, blog ini hanya bersifat note saja bagi saya dan bersifat blog pribadi non bisnis, ya sekedar penguatan nama blog saja). Akan tetapi memang tidak di pungkiri ada blog dengan nama atau url yang tidak niche tetapi rangking, nah disini bisa saja memang asalkan kontenya konsisten fokus satu topik, walau url dan judul tidak SEO tetap ada kemungkinan naik. Tetapi hal ini perlu waktu yang lama bagi anda yang awam di SEO dan sekelas blogspot dan newbie. lebih baik langsung fokus saja ke satu topik, kemungkinan besar dalam hitungan hari pun bisa langsung naik di google. "lebih baik blog yang fokus dari pada blog besar yang tidak fokus"

2. Gunakan judul blog yang singkat, padat dan targeted (kemungkinnan di ketik orang). Gunakan maksimal 5 / 6 suku kata saja (cara on page seo blog : sudah 5 suku kata).

3. Pastikan Permalink sama dengan judul blog. Kalau nemu kasus ternyata judul blog lebih panjang dan permalink terpotong maka Permalink harus lebih padat lagi dari judul. (setting permalink ada di sebelah kanan pada saat nulis blog / Entri baru di bawah Schedule.

4. Jika menggunakan gambar pasitkan gambar di rename dulu sama dengan judul blog dan permalink. Atau bisa juga lebih singkat (ini untuk SEO gambar). 

5. Tulis Alt gambar sesuai dengan nama gambar atau judul artikel. Caranya klik gambar lalu klik Porperties dan tulis pada Title text dan Alt text.

6. Pastikan setiap post terhubung satu sama lain dengan menyertakan Internal link

7. Sertakan juga External link ke web orang lain yang relevan dengan blog/ web anda

8. Membuat page About (tentang)

9. Membuat page Privacy (Privacy policy)

10. Membuat page Disclaimer 

11. Membuat page Sitemap agar semua halaman bisa di akses oleh pengunjung

13. Menambah widget Popular post

14. Disarankan menyertakan attribusi "powered by blogger"

15. Bisa juga menambahkan page Disclosure 

Pastikan submit di Webmaster Tools Google dan submit sitemap blog anda pada webmaster tesebut. Oleh sebab itu anda harus tahu cara mengetahui sitemap blog anda.

Pastikan juga Page not found / Eror page diatasi dengan baik.

Perlu diperhatikan pula bahwa buatlah post secara rutin sehari sekali/ dua kali cukup lah, Soalnya biasanya kalau sudah berjalan beberapa minggu/ bulan pasti sudah bingung nyari artikel dan mulai bosan. Jangan langsung post banyak artikel dalam sehari dan kurang baik untuk SEO.
Artikel ini merupakan salah satu bagian penting dari blog  tutorial akan tetapi bersifat sharing tips blog yang ditulis oleh penulis dalam personal blog ini. Semua informasi yang didapat dari pengalaman sendiri. Jadi untuk validitasnya bukan tangungjawab saya sebagai penulis.

Saran lagi ni. Pasitkan anda membuat artikel sebanyak mungkin ke dalam blog anda dan jangan pernah mengharapkan blog anda bisa rangking di google jika hanya memiliki sedikit artikel. Pastikan jumlahnya paling tidak 200 artikel. Ini berlaku jika anda bersaing dengan keyword yang ketatat. Tapi untuk niche yang jarang 5 artikel pun langsung rangking asal ikuti cara SEO diatas. Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Cara On-Page SEO Blog Blogspot"

  1. kalau cuma sau postingan aja bagus gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang bagus Gan untuk SEO. Pastikan pos artikel secara rutin terutama untuk blog baru

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar