08 Juli 2018

Penemuan Sepeda Motor Berbahan Bakar Air

Bukan lagi isapan jempol belaka, ternyata energi alternatif penganti bahan bakar minyak (BBM) sudah ditemukan yakni dengan air. Adalah siswa SMK Teknologi, Balung Jember yang telah menciptakan sepeda motor berbahan air. Bahkan kendaraan yang menggunakan air tersebut mampu melaju hingga kecepatan 40 km/ jam. 

Sebelum menciptakan bahan sepeda motor berbahan bakar air, siswa SMK tersebut telah melakukan eksperiman dengan LPG dan Listirk. Dengan bermodalkan bahan - bahan seperti pipa pralon yang berfungsi sebagai generator penyimpanan air, aluminium bekas antena, botol bekas, kabel, dan akumulator (AKI). 

Cara kerjanya yaitu mencampurkan air dengan soda api dimaskukan kedalam tabung genertor lalu diberi aliran listirik sebesar 12 volt 35 ampere. Setelah mendidih maka tabung tersebut akan menghasilkan uap. Untuk menyempurnakan pembakaran maka diberi filter. Uap ini lah yang digunakan sebagai bahan bakar yang salurkan ke karburator. Air yang digunakan yaitu air dengan kadar asam rendah. Hasil ekperemin yang menghabiskan dana 400 ribu selama 2 bulan tesebut mampu menggunakan 1 liter air dengan durasi 8 jam, sedangkan kecepatanya dapat mencapai 40 km/ jam.
Hanya bersumber dari bahan - bahan yang sederhana, bahkan melimpah disekitar kita, ternyata energe alternatif bukan lagi mitos. Bahan air dapat menjadi sumber energi yang notabene ada sekitar kita. Saya sangat mengapresiasi hasil eskperiment SMK Teknologi Balung Jember ini. Meski katanya ada di SMK lain yang juga sudah membuktikan, tetap saja SMK ini menjadi salah satu pelopor temuan yang akhirnya membuka pikiran masyarkat bahwa energi itu sangat murah.

Yang harus di garis bawahi, bukan dengan melihat kekuranganya, tetapi justru setelah tahu, bagi yang paham atau menekuni pada bidangnya selayaknya mengembangkanya. Pertanyaaan kelanggan energi sudah terjawab, isu golobal warming sudah terjawab, dan teknologinya pun sudah ada.

Mahasiswa, kampus, peneliti, ilmuan, dan Kemenriset harus segera ambil sikap untuk bahu membahu mengembangkan temuan ini. Karya anak negeri begitu luar biasa ini harus disambut dengan baik demi kemaslahatan umat manusia.

Sepeda motor hanya salah satu aplikasi energi berbahan air. Masih banyak kebutuhan energi lainya yang diperlukan seperti kebutuhan listrik rumah tangga, kebutuhan memasak, dan lain sebagainya. Saya berharap kedepanya selain menjadi energi untuk kendaraan, air bisa digunakan untuk sebagai sumber energi listrik rumahan dan menjadi kompor. Al hasil betapa makmurnya hidup kita kalau sudah sedemkian rupa. Tak perlu lagi bersusuah payah memikirkan tagihan listirk serta membeli LPG yang repot dan semakin melambung. 

Sumber 

1 komentar:

  1. Wah sangat bagus sekali informasinya, semoga bisa diaplikasikan untuk industri kendaraan

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar