Apa itu Sosialisme dan Perkembanganya

Rasanya tidak komplit kalau tidak mengerti bagaimana dunia bekerja. Berbagai pandangan barat mulai timbul pada abad ke 18. Pemikirian - pemikiran modern pun saliing berbenturan. Katakan paham sosialisme. Lalu apa itu sebenarnya sosialisme. Mengapa dia perlu diperkenalkan. Sepenting apakah keberadaanya mempengaruhi dunia ini. 

Sosilisme diperkenalkan oleh Karl Marx. Karl Makx menyajikan pandangan sosilisme dalam bukunya. Tiga buku tebal karya terbesut menggambarkan bagaimana seharunya tatanan kehidupan yang ideal menurut dirinya. Sosialme lahir dari rasa kritis Karl Markx terhadap ketidak adilan sosial, dimanana adanya kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin. Efek berantai dari kaplitisme tersebut tersebut juga menimbulkan ketidak adilan, karena yang kaya kaan cenderung lebih berkuasa dari yang misikin. Karl Marx menyerurkan pemerataan antara warga negera yakni dengan mengambil  kekayaan si kaya dan menyamarakanya dengan si miskin. 

Paham ini juga dianggap sebagai perlawan terhadap paham kapitalisme. Pada perkembanganya paham sosialisme berkembang menjadi komunisme. Sebenarya komunisme hanya lah salah satu  dari komunitas ekstrim sosialisme, akan tetapi seiring dengan perkembangnya ideologi komunisme banyak dianut oleh berbagai negera termasuk Rusia, Cina, dan Korea Utara. 

Maka dapat disimpulkan sosilisme adalah suatu paham menyerukan adanya kesetaraan atas barang atau kekayaan yang dianut dalam sistem ekonomi yang dikontrol oleh rakyat atau pemerintah. Dengan penerapan sosilisme sektor - sektor strategis dikuasai oleh negera. Lalu kepemilikan oleh swasata diatur atau dibatasi oleh negara. Kepemelikan berbgai sumber pendapatan negara dikelola oleh pemerintah dan didistrubsikan secara merata kepada masyarakat sehingga tidak ada kesenjagan sosial antar rakyat. 

Kini sejumlah negera secara resmi menganut sistem sosilisme yang dikemas dalam ideologi komunisme. Hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan kapitalisme. Para kaum kapilis sangat tidak setuju dengan pembatasan kekayaan tersebut, seiring deperkembanya kedua paham ini seringkali menghadapi banyak pertikaian. Katakan saja perang dunia ke-2 antara Sekutu dengan kapitalisme melawan negara - negara komunisme dibawah Uni soviet. 

Bagaimana dampaknya terhadap Indoensia. Indonesia pun tidak lepas dari perebutan dua paham ini. Meskipun Indonesia menerapkan sistem demokrasi sejak pertama kali berdiri, akan tetapi pertikaian antara dua ideologi sangat kental. Bagaimana G30 S menjadi sejarah kelam bangsa ini, kenapa bisa terjadi, apakah bener karena alasan agama. Sepertinya bukan. Begitu jelas ada dalang dari dua kepentingan tersebut dan kita tahu siapa yang telah menang. 

0 Response to "Apa itu Sosialisme dan Perkembanganya"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar