Peluang Kerja Jurusan Sastra Inggris

Seringkali masih saja banyak orang yang tidak tahu peluang kerja jurusan sastra Inggris. Sepintas orang hanya akan berorientasi bahwa jurusan ini berkaitan dengan pengajaran bahasa Inggris. Akan tetapi sebenarnya lebih luas dari itu, terlebih ditengah pesatnya perkembangan teknologi informasi sekarang ini banyak peluang kerja yang ditawarkan di Jurusan rumpun IPS ini, bukan hanya berstatus sebagai pekerja, lulusanya pun bisa bekerja tanpa dasi bahkan dirumah. 

Mungkin anda salah seorang lulusan Sastra Inggris atau sedang kuliah di jurusan tersebut. Anda menyesal? atau anda merasa salah jurusan? atau mungkin merasa duh kok ini malah bahas novel melulu. Tunggu dulu, sastra Inggris lebih luas dari dari itu. Jurusan ini bukan hanya berorientasi pada ranah belajar dan mempelajarkan bahasa Inggris sebagai hard skill, jurusan ini juga mencakup sastra, pengajaran, linguistik, filologi, budaya, dan penerjemahan. Cakupan ini pun baru menyangkut sisi konsentrasi jurusan, belum lagi membicarakan penerapanya. 

Secara fisik mahasiswa dituntut untuk menguasai bahasa Inggris. Penguasaan bahasa Inggris merupakan hard skill pokok yang perlu dikuasai yakni menyangkut empat skill penguasaan bahasa yaitu reading, listening, speaking, dan writing. Dari empat skill ini pun sudah ada banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa dilakukan, belum lagi menyangkut penguasaan teortis dari setiap konsentrasi. Bahkan sastra Inggris juga mempelajari pengajaran bahasa dan penerjemahan yang merupakan hard skill diluar empat skill penguasaan bahasa diatas. Oleh sebab itu pekerjaan yang dilakukan akan jauh lebih banyak lagi. 

Menurut pengamatan dan pengalaman pribadi, berikut daftar peluang kerja jurusan sastra Inggris. Baik yang berstatus sebagai pekerja hingga wiraswasta secara nyata dan real dapat dilakukan.

1. Tour Guide
Dengan mendaftar menjadi bagian dari asosiasi pramusaji, maka seorang lulusan sastra Inggris dapat menjadi guide. Tepatnya di TX Square Jogja ada kantor asosisi pariwisata untuk para calon guide, dengan mendaftar dan mengikuti serangkaian test tertentu, maka setelah lulus sudah berhak dan memiliki izin resmi menjadi guide.

2. Guru
Siapa yang gak tahu pekerjaan ini. Nah menjadi guru sekarang ini memang memerlukan akta 4, tapi teap bisa kok. Seorang lulusan dapat menjadi guru secara formil mulai dari SD hingga SMA

3. Dosen
Sama halnya dengan guru, tetapi yang diajar adalah mahasiswa. Syarat minimal harus S2 dulu. Pilih konsentrasi yang paling diminati di universitas terbarik baik dalam maupun luar negeri. Dalam arti kalau pada ranah ini, lebih berkonstrasi menjadi akademisi, ya walaupun bisa juga seklaigus sebagai praktisi.

4. Penulis buku
Selama kuliah, anak sastra diajarkan untuk menulis dikelas writing, nah modal ini dapat dijadikan untuk diri sebagia penulis. Nah salah satunya penulis buku. Menulis buku tidak lah sulit bisa membahas apapun, bahkan kajian bahasa dan sastra Inggris juga sangat banyak. Menerbitakan buku juga sangat mudah, sekarang ada penerbit indie untuk self publishing. 

5. Wartawan
Dengan bahasa yang lebih informatif biasaya 5W + 1 H menulis di media cetak an offline dapat jadi pilihan. Bukan hanya koran convensional tetapi sekarang ada banyak koran daring. Nah bisa ikut tu jadi wartawanya atau bahkan punya koran online sendiri. Gampang, cukup beli domain sudah punya tu koran online.

6. Penulis lepas
Ada banyak lho sejumlah pihak yang membutuhkan penulis lepas. Penulis lepas tugasnya hanya membuat artikel tertentu yang diminta oleh seseoang atau jasa tertentu. Artikel tersebut biasanya akan diterbitkan di blog atau web orang lain. Nah tugasnya hanya menulis terus bibayar dech. Apalagi kalau bisa nulis pakai bahasa Inggris. Bayaranya lebih gede bro

7. Blogger
Gak mau ikut sama orang, nulis sendiri juga bisa. Cukup membuat blog tertentu. Usahakan yang niche terus nulis dech di blog. Ikut program Adsense, Affiliate Marketing, Dropship, dan toko online dan lain sebagianya. Terlebih artikel atau blog berbahasa Inggris punya dolar yang lebih tinggi.

8. Guru online
Ingin tetap dirumah saja, tetapi punya passion mengajar, ikut saja menjadi guru online. Dengan berbagung di situs tertentu maka kita bisa mendaftarkan diri untuk menjadi guru online. Mengajarnya cukup gampang yakni hanya melalui Skype. Bayaranya dolar lagi. Bisa mengajar bahasa Inggris atau mengajar bahasa Indonesia ke orang asing yang mau belajar Bahasa Indonesia.

7. Penerjemah
Mau yang freelance dan tetapi dirumah. Penerjemah juga menjadi solusi. Bisa sih ikut jasa tertentu, tapi juga bisa buka jasa penerjemah sendiri, baik online mauupun offline. Apalagi kalau sudah punya sertifikat Swort Transltor. Apa saja yang diterjemahakna. Ada banyak lho, bisa abstrak, skripsi, tesis, disertasi, jurnal, dokumen resmi, hingga buku. Teman ane sudah jadi penerjemah dan sudah gajian tu tiap saat, hanya dengan melayani konsumen. Lihat tukangterjemah.com

8. Interpreter
Yang mau keliling dunia, nah ini hi ada pekerjaan yang cocok. Interpreter atau penerjemah online adalah jawabanya. Bermodalkan penguasaan jam terbang dalam conversation lalu menyampaikan lagi dalam bahasa sasaran, siapapun bisa kok jadi interpreter. Teman cewek ane nhi udah keluar negeri bolak - balik dengan bermodalkan status sebagai interpreter.

9. Novelis
Suka dengan sastra, kenapa gak bikin sendiri saja. Sudah dengar kan para sastrawan yang terkenal ditanah air kaya Raditiya Dika, Tere liye, Adrea, dll, bahkan tidak jarang sastrawan yang sudah mendapatkan Nobel Bidang Sastra seperti Ananta Toer. Nah giiliran kamu menerbitkan karya sastra sendiri dengan mulai menulis, bukan hanya karya sastra fiksi, karya sastra non fiksi pun juga menarik. Bukan hanya novel, tetapi bisa juga komik, puisi, drama, dan lain sebagainya.

10. Bimbel
Sudah penah ngajar privat? kalau dulu jaman mahasiswa pernah jadi guru les di lembaga bimbingan belajar (bimbel) tertentu, mungkin sekarang bisa diteruskan. Bisa cari grade lembaga les yang lebih tinggi denga gaji yang lebih tinggi. Bahkan bisa juga membuka les bahasa Inggris sendiri. Dimana pun tempatnya biasanya les bahasa Inggris laris lho. Nah bisa tu berwiraswasta yang berlandaskan latar belakang pendidikan, yaitu les privat bahasa Inggris

Ternyata ada banyak kan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh jurusan Sastra Inggris. Saran saya pilih salah satu konsentrasi saja yang akan mengantarkan kedalam satu profesi. Prinsip yang dipakai adalah "semakin spesifik, semkain mendalam" maka dengan demikian anda akan menjadi expert di salah satu bidang tersebut. Sebenarya masih ada pekerjaan yang lain, yang saya sampaikan diatas adalah jenis pekerjaan yang nyata yang dengan segera bisa dilakukan. Tak perlu menunggu langsung bekerja dan berpenghasilan untuk pekerjaan tertentu. 

0 Response to "Peluang Kerja Jurusan Sastra Inggris"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar