Cara Membuat Kursi dari Botol Bekas

Penggunaan kembali sampah menjadi kursi jadi botol bekas adalah jawaban penggunaan kembali sampah. Kita tahu bahwa masalah sampah terutama sampah plastik masih menjadi momok di negeri ini. Melalui upaya yang kreatif, ternyata sampah plastik dan sampah botol mampu diolah menjadi kursi yang kokoh. Selain itu secara significan mengurangi sampah plastik mulai dari rumah. 

Budaya Nyampah

Sampai saat ini sampah masih menjadi masalah, sampah yang menggunung dan bertabaran dimana - mana tentu sangat tidak enak dilihat. Sampah juga menyebabkan banyak masalah seperti tercemarnya lingkungan, kotornya sungai, dan membunuh banyak binatang laut. Konon katanya penyu menganggap sampah plasik adalah ubur - ubur, alhasil sampah tersebut termakan dan menyebabkan ganguan pecernaan pada usus penyu. Alhasil bukan hanya penyu yang mati dan bahkan ribuan mahluk laut lainya mati setiap tahunya. 

Selain secara fisik benar - benar menyebabkan jutaan persoalan, membuang sampah sembarangan seakan sudah sangat membudaya. Belum lagi mengelola sampah, ini baru cara membuangnya. Maka dari itu, secara bijak setiap pribadi harus sadar untuk mampu mengelola sampah yang dihasilnya sendiri. 

Pengelolaan Sampah Plastik

Sudah dua tahun ini, saya hadir dalam festival kesenian yogyakarta (FKY), perhatian saya teralihkan dengan langkah kreatif dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Dinas ini pun juga punya selebaran cara membuat ecobriks dengan botol plastik dan bukti karyanya yaitu kursi dari botol plastik bekas yang ditampilkan pada pameran tersebut. 

Cara Membuat Kursi dari Botol Plastik Bekas

Sebagai sebuah jawaban, berikut ini adalah tata cara mengelola sampah plastik dan botol plastik menjadi kursi. Tata cara ini saya adposi dari BLH Bantul diatas. Nah sebelum kita mulai kita siapkan dulu bahan dan alatnya. Perlu dicatat yang kita butuhkan bukan hanya botol plastik, tetapi juga sampah - sampah plastik. 

Alat dan Bahan Kursi Botol Plastik

Alat dan bahan yang kita butuhkan antar lain sebagai berikut:

1. Botol plastik bekas
Gunakan botol plastik yang seragam, misal satu merek, hal ini agar nantinya ukuran dan bentuknya sama. Yang kita gunakan adalah aqua botol tanggung atau setengah liter

2. Sampah Plastik
Semua jenis sampah plastik baik yang bersifat lembut seperti sampah kresek, hingga sampah plastik  yang cukup tebal seperti bekas botol minuman, aqua botol, sedotan, dan plastik apa saja yang penting bisa masuk dalam botol

3. Kayu
Saya menggunakan bambu dengan ukuran lebih tinggi dari tinggi botol dan ukuran cukup tebal sekitar setengah diameter mulut botol. Pilih kayu atau bambu yang cukup kuat agar mampu mendorong sampah plastik nantinya

4. Lem Kaca
Lem kaca berbentuk liquid layaknya lem biasanya. Bisa sekaligus menggunakan alat khusus untuk mengelem lem kaca, tetapi bisa juga secara manual kok. Harga alat lem kaca sektiar 20rban

Cara Pembuatan Kursi Botol Bekas

Setelah alat dan bahan sudah siap, saat mulai untuk praktek ya. 
1. Buka tutup botol bekas, pastikan botol minuman mineral tersebut dalam keadaan bersih ya. 

2. Masukan jenis plastik yang elastis misal plastik kresek pada bagian paling bawah botol, lalu ratakan dengan kayu/ bambu tadi. Hal ini bertujuan untuk memberikan satu warna pada bagian bawah botol, sehingga saat nanti dibalik permukaan kursi terlihat hanya memiliki satu warna motif.

3. Masukan sampah plastik secara bebas. Dalam hal ini kita boleh memasukan plastik apapun, dengan cara menekan kebawah dengan kayu setiap memasukan satu sampah plastik yang masuk. Hal ini bertujuan agar botol tersebut menjadi padat pada setiap lapisnya, sehingga tidak penyok saat diduduki

5. Tutup botol setelah sampah benar - benar terisi penuh

6. Satukan atau rangkai botol plastik menjadi bentuk segi enam dan sebagainya dengan cara mengelem satu persatu dengan lem kaca. 

Sekarang sudah jadi dech kursi dari botol plastik bekas. Ingat tujuan kita adalah untuk mengurangi, bukan semata - mata membuat kursi. Pengurangan sampah ini khususnya fokus pada proses reuse yaitu penggunaan kembali sampah plastik. Yaitu digunakan kembali untuk dijadikan produk yang memiliki nilai manfaat. 

Terimakasih banyak buat BLH Bantul yang kece abis. Bagi saya, langkah ini cara paling sederhana dan signifikan dalam upaya penggunaan kembali sampah dari tiga proses penanggulangan sampah reduce, reuse, recycle. Dalam satu botol plastik sampah dapat menampung satu kresek besar sampah plastik. Sampah tersebut dapat dipadatkan hanya dengan satu botol plastik. Sangat signfikan. 

Kamu punya ide lain yang sederhana dan efisien dalam menaggulangi sampah? Pada artikel sebelumnya, saya sudah tulis plang nama dari botol bekas. Share pengalaman kamu di kolom komentar. 

0 Response to "Cara Membuat Kursi dari Botol Bekas"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar