Cita, Sudah Tak Lagi Berseragam

Sudah pekakah kita bahwa cita - cita kinds zaman now sudah berbeda dengan kids zaman old. Anak  anak yang hidup ditengah derasnya arus teknologi memiliki perspektif yang berbeda akan pekerjaan masa depan mereka, bukan lagi bertolak pada pekerjaan formil yang syarat akan seragam. Cita mereka sudah tak lagi berseragam bahkan jauh dapat dikatakan out of the box.

Saya berusia 29 tahun, ya kala kecil hanya berorentansi pada pekerjaan yang syarat dengan seragam, ya karena seragam menjadi ciri pekerjaan tersebut. Bahkan didunia ini hanya ada tiga pekerjaan bagi kami orang desa yaitu dokter, polisi, dan guru. Kalau tidak menjadi salah satu dari 3 pekerjaan itu, berarti kamu belum bekerja. Kata orang Jawa "mileh jeneng opo jenang", artinya "pilih nama atau harta". Walau pepatah ini sudah lama, tetapi tetep saja suatu status sosial masih terukur pada istilah "jeneng" yaitu nama atau status, yakni status pekerjaan. Bahkan hingga sekarang masih, dan saya masih sangat yakin masih banyak orang yang berorientasi pada "jeneng" hingga detik ini. 

Perubahan itu pasti terjadi dan katanya "yang tidak berubah hanyalah perubahan itu sendiri". Meskipun masih banyak orang yang memperhatikan jeneng, sekalipun kids zaman old yang sekarang seusia saya kebawah (lebih muda) sudah sebagian besar berorientasi pada "jenang". Pergeseran cita ini semakin kentara terutama pada kinds zaman now yang sudah tersuguhkan dan hidup ditengah derasnya arus teknologi. 

Mungkin anda juga sudah pernah menonton video ketika Pak Jokowi menanyakan cita - cita pada anak SD. Anak laki - laki ini menjawab "ingin menjadi Youtuber", tentu sontak membuat Pak Jokowi dan penonton tertawa. Memang aneh, tapi ini benar adanya. Lebih lanjut lagi teman - teman Kelas Inspirasi yang saya temui juga punya cita - cita yang aneh. Kalau yang lebih muda sih wajar ya, tapi ada yang lebih tua (hemat saya) atau mungkin seusia saya. 

Ya teman saya adalah seorang cityzen journalis? Lalu ada seorang wanita yang saya anggap lebih tua dari saya itu seorang blogger traveler. Kalau ditempat lain ada teman saya seorang blogger, penerjemah, pelukis, and hand lettering. Kita mungkin juga sering dengar yaitu programmer, desainer grafis, youtuber, fotografer, penulis, artis endorse, jual online, bahkan ada yang penggerak sosial hingga yayasan.

Ada pekerjaan yang benar - benar terlihat, tetapi sebagian besar kita tidak tahu kapan mereka mengerjakanya. Ya karena pekerjaan diatas sudah tidak tidak lagi ada ikatan waktu, tidak ada jam kantor, dan tentu tidak punya seragam. Ya gimana mau seragaman ya kan, pekerjaan tersebut biasanya dilakukan sendiri tanpa ikatan kontrak, ya sekalipun ada dengan clien atau pelanggan.

Lebih dalam lagi, sebagain mengatakan pekerjaan mereka adalah passion mereka. Bisa pula berangkat dari hobi. Semakin terbukanya informasi dan teknologi memang dapat memunginkan siapa saja dapat menjual skillnya, bahkan tanpa modal pun setiap orang dapat mendapatkan rupiah selama barang terjual atau ada pihak yang menggunakan jasa mereka. 

Para pemain tanpa seragam ini juga sudah berlalu lalang di dunia maya, katakan Edho Zell, Youtuber yang terkenal dengan parodinya. Kalau kamu pengguna instagram mungkin kamu juga pernah melihat model cantik yang menawarkan produk ya, itulah artis endorse. Kalau anda baca tulisan ini berarti anda sedang bertemu dengan blogger. 

Banyaknya pekerjaan yang out of the box sekarang ini telah memancing para anak zaman milineal ini untuk punya cita seperti apa yang telah kamu lakukan. Mereka tidak lagi berorientasi pada seragam, tetapi lebih pada pekerjaan yang secara sederhana bisa dikerjakan secara cepat menghasilkan rupiah bahkan tanpa harus memenuhi persyaratan khusus layaknya melamar pekerjaan. Seorang akan dibayar berdasarkan kemampuan dan produktivitasnya sendiri. Yang punya karya bagus dan serius sudah barang pasti mendapatkan dolar. Jadi "berapa rupiah yang ingin kamu tulis di slip gajimu?"

Silahkan tulis gaji kamu sendiri jika kamu bekerja tanpa seragam.

0 Response to "Cita, Sudah Tak Lagi Berseragam"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar