23 November 2012

Sejarah diatas KERTAS

Sekilas terdenger kata nama, cerita, kejadian dimasa lalu yang tertanam kuat dibenak yang banyak diajarkan dan ditulis dalam kertas-kertas tebal. kertas-kertas itu diajarkan dan dipelajari oleh setiap orang secara turun temurun bahkan kita sendiri pun juga dengan nikmatnya mengikuti jalan ceritanya dan sangat percaya, itulah SEJARAH. sejarah tentang masa lalu kita, negeri ini dan dunia siapa tau? apakah yang kita pelajari ini memang fakta, hal biasa yang diekpose, yang benar jadi salah, yang salah menjadi benar atau bahkan hanya fiksi belaka. kita harus berfikir kritis dan tidak serta merta menelanya dan bahkan sampai berfikir rasis bahwa yang sekarang ada adalah yang benar, saya katakan bodoh. mengapa tidak? kita lihat sekarang, tayangan di layar televisi, koran, majalah, website dan lainya apakah semua itu benar, bahkan terkadang sesuatu yang bukan inti persoalan atau hal biasa di publikasikan dengan heboh dan kontroversial agar menarik perhatian para pembaca. bukankah hal itu dapat terjadi pula pada buku? begitu pula dengan tulisan saya ini anda boleh percaya atau tidak, itu urusan anda. karena pada hakekatnya setiap orang bisa menulis. jadi ya mau menulis apapun ya bisa-bisa saja.

Sejarah harus bersifat jujur, dan objektif bukan karena dibuat berdasarkan unsur politik dan kekuasaan, ya sekarang kita lihat faktanya orang-orang yang berkuasa akan membuat sejarah atas otoritasnya, Benar atau Tidak? nah dari situ orang-orang tidak menyadari kalau mereka di bodohi terlebih gak mau tau. ya sudah komplit. Nha sekarang gimana kita tau bahwa mana yang benar-dan mana yang salah dengan sejarah itu? ya kita bisa lihat dari dulu sampai sekarang selalu ada sisi minoritas dari kekuasaan yang selalu ingin memunculkan fakta, akan tetapi masih dibawah dan orang-orang serta buku-buku yang mereka buat dengan jujur yang menceritakan tentang sejarah yang terkadang justru bertentangan yang sudah ada sekarang ini.

Yang harus kita bawahi disini adalah bukan saling menyalahkan akan tetapi berlaku kritis akan semua hal yang terjadi dan mengkaji terlebih dahulu sebelum mengambil kesimpulan. memang tidak semua sejarah salah bahkan banyak darinya memang benar. adanya buku-buku lain yang mengatakan tentang versi dari sejarah ini lah yang dapat memberikan masukan untuk kita agar kita melek dan tidak dibodohi orang lain diluar sana yang hendak mengambil keuntungan pribadinya.
kebenaran harus dikatakan walau pahit.

Hanya kata dan masukan untuk pembaca agar selalu mau belajar dan menjadikan diri anda lebih baik.

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar