GRATIS Panduan ECourse Cara Membuat Landing Page 2023 bersama Agungnesia Klik Disini

Daftar Web Sosial Bookmark

Salah satu upaya SEO yaitu mencari backlink. Nah salah satu backlink yang cukup populer adalah dengan share link salah satu link artikel ke web sosial bookmark. Dalam arti kita bisa share lebih dari 1 artikel, ya diusahakan secara berkala. Misal sehari sekali saja sudah bagus lah. Itung - itung mempromosikan sekaligus dapat back link. 
Mix

Nah apa itu web sosial bookmark. Berbeda dengan web ping dan web directory, kalau sosial bookmark itu adalah web yang secara khusus memperbolehkan orang untuk share link disitus tersebut. Bahkan dapat saya katakan, secara khusus ini web untuk naruh link - link artikel. Cara kerja sama dengan Twitter maupun Facebook, jadi kita bisa share link salah satu artikel  blog disitu (semacam post) disitu, lalu bisa memberikan komentar, like, dan lain sebagainya baik di post di sosial bookmark. Akan tetapi ini berbeda dengan sosial media ya. Kalau sosial media fokus pada interaksi antar pengguna, tetapi sosial bookmark lebih pada nitip backlink ya walau secara kerjasama. 

Berikut ini daftar web sosial bookmark yang sudah terbukti bisa digunakan (worked) bukan hanya sekedar list saja, karena saya juga menggunakanya. 

1. Pinterest
Pinterest bisa langsung post dengan paste link, meskipun begitu pinterest adalah sosial bookmark yang menitikberatkan pada gambar. Jadi saran saya unggah gambar yang cukup jernih

2. Mix
Mix salah yang paling saya rekomendasi, karena termasuk sosila paling simpel alias gampang pakainya. Cukup paste link, dan bila perlu tambahkan sedikit komentar.

3. Scoop.it
Bisa dengan paste link atau tanpa link. Ya lumayan gampang sih, tapi awalnya ane bingugn cara postnya. Versi free dibatasi 50 pos saja. Jadi pilih artikel yang cukup populer saja sih

4. bizsugar.com
Gak usah bingung pos nya cukup klik "submit an article" pada bagian kanan nanti sudah muncul kolom buat paste URL, tentunya harus register dulu ya.

5. Linkedin
LinkedIn memungkinkan untuk post artikel yang panjang semacam blog, lalu bisa juga semacam menulis status dan meletkaan link. Mirip dengan facebook bisa comment dan like juga.

6. Xing
Xing punya lokasi khusus untuk share link, disamping memang bisa pos tanpa link.

7. Dribbble 
Lebih pada berbasis foto seperti Pinterst, tetapi bisa membaut sedikit pos.
8. Flickr
Merupakan produk dari Yahoo
Setelah membuat akun, pengguna diminta membuat semacam project, ya dapat dikatakan sebagai blog begitu. Lalu menerbitkan artikel di halamanya sendiri.

10. creativemarket

11. medium.com

12. Behance

Sejumlah web social bookmark diatas wajib buat yang mau bagung SEO. Ingat SEO itu tak ubahnya kita menyirami dan memupuk tanaman. Jadi jika dilakukan secara rutin tentu akan lebih baik hasilnya. Sedangkan membuat web atau blog itu baru kita beli tanaman atau nanam tanaman, belum merawatnya. 

Sebagai tambahan, share di sosial media juga dibutuhkan diantarnya yaitu di Facebook Fanpage, Facebook Group, Twitter, Instagram, Google Plus, Youtube, dan lain sebagainya. Bisa dalam bentuk pos atau memberikan komentar. 
Agungnesia Agungnesia, seorang blogger yang fast respon melayani pembuatan artikel SEO dan pembuatan website di agungnesia.com

Posting Komentar untuk "Daftar Web Sosial Bookmark "