10 Juni 2018

Niche Blog Solusi Income Adsense

Agung Prasetyo

Saya rasa banyak blogger yang sudah lama berkecimpung di Adsense tetapi income terlalu kecil. Gajian sih gajian, tetapi kalau kecil yang gimana gitu lah. Oleh sebab itu, untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara agar dapat income dari Google Adsense. Oleh sebab itu, solusinya adalah membuat blog dengan jenis niche blog. 

Kalau kamu membaca tulisan ini, maka kamu sedang melihat personal blog. Blog seperti ini meskipun sudah bertahun - tahun bahkan dari tahun 2013 tetap saja tidak profit. Sekalipun iya, maka profitnya sangat kecil seperti yang saya katakan sebelumnya. Personal blog yang bersifat gado - gado tidak punya segmentasi khusus sekalipun bisa, paling satu atau dua artikel yang nyangkut. Oleh sebab itu incomenya tetap kecil bahkan visitornya juga dibawah 500an. 

Apa itu blog niche

Mengkaca dari hal tersebut maka jika ingin berkarir didunia blog, maka seorang blogger harus masuk ke segmentasi niche blog. Kata niche dibaca /niːʃ/ artinya 'ceruk, relung'. Bukan jeruk lho ya. Ceruk artinya tertarget atau secara khusus oleh sebab itu maka dapat dikatakan niche blog atau blog niche merupakan blog yang secara khusus membahas topik tertentu. Oleh karena itu, blog niche bukan lagi blog gado - gado, tetapi punya tema atau topik tertentu yang dibahas secara khusus. Misalkan blog seputar asuransi, asuransi mobil, asuransi kesehatan, otomotif, harga mobil, mobil baru, dan lain sebagainya. 

Skema kelebihan blog niche

Melalui blog niche ini lah maka suatu blog akan memiliki kemunginkanan niche yang lebih tinggi. Hal ini karena ada orang atau pihak - pihak yang memasang iklan di Adwords dengan kata kunci terkait produk atau barang tersebut. Saat blogger membuat artikel secara niche maka iklanya yang relevan akan muncul pula. Misalkan, kamu membuat blog seputar harga sewa mobil maka akan muncul iklan Adsense setidaknya berkaitan dengan penjualan mobil, sewa mobil, dealer mobil, grab, gojek, dan lain sebagianya. Pengunjung yang datang pun adalah mereka - mereka yang sedang mencari informasi harga mobil maka kemungkinan mendapatkan klilk akan jauh lebih tinggi. Secara skema sebagai berikut.
Skema niche blog

Dari skema diatas maka akan ada muncul kemungkinan yang tidak dicapai oleh blog gado - gado. Dengan niche blog maka akan diperoleh tiga aspek sekaligus. Aspek kelebihan blog niche tersebut yaitu target visitor (pengunjung tertarget), targeted ads (iklan adsense tertarget), dan impression (kemungkinan klik yang akan lebih tinggi). Maka hal ini sama saja kita bekerja lebih cepat tiga kali dibading blog biasa. Terlebih setiap langkah dalam optimasi blog itu sangat penting. 

Sebagai pembuktian bagaimana niche blog bekerja, berikut akan saya contohkan salah satu blog yang mampu mencakup tiga aspek niche blog diatas. 
Contoh Ads niche blog

Web diatas menampilkan iklan mengenai penjualan iklan (targeted ads), iklan tersebut muncul di blog tentang otomotif (niche blog). Situs tersebut muncul dengan kata kata kunci 'harga toyota rush' dipencarian Google (targeted visitor) sekaligus SEO. Ahasil maka pihak yang punya blog akan mendapatkan impression lebih tinggi. 

HPK niche blog

Setelah melihat contoh diatas maka bisa saja kita sudah mempunyai bayangan untuk membuat niche blog. Sebelum lanjut kesana, maka kita harus memahami apa itu HPK niche blog. HPK merupakan singkatan dari High Paying Keyword yaitu merupakan kata kunci - kata kunci yang memiliki nilai klik yang tinggi. Hal ini karena bisa saja suatu niche blog meskipun sudah sangat memasuk ceruk bahkan menjadi nomer satu tetap tetap saja tidak income. Hal ini karena tidak ada orang yang memasang iklan pada kata kunci tersebut. Misalkan saja blog tentang desa anda. Blog sudah sangat niche bahkan termasuk artikelnya pun juga sudah memenuhi tata cara menentukan judul artikel SEO dan konten yang SEO, karena tidak ada orang yang pasang iklan di Adword maka tidak ada iklan yang relevan sehingga nilai kliknya akan sangat rendah. Oleh sebab itu maka HPK adalah kuncinya. 

Secara spesifik maka yang perlu disiapkan adalah HPK niche blog. Untuk mendapatkan niche blog maka kita membutuhkan referensi keyword apa saja yang nilainya tinggi. Kita bisa mencari di Google dengan mengetik "HPK Indonesia, high paying keyword blog, HPK adsense" dan lain sebagainya. 

Berikut ini saya akan menampilkan beberapa HPK yang saya kutip dari situs Curcol.co. HPK tersebut antara lain:
  • Alat Mesin $1.16
  • Blok Mesin $1.44
  • Danareksa Online Trading $2.21
  • Daun Angsana $1.41
  • Daun Sirsak Diabetes $1.02
  • Desain Mesin $1.58
  • Ekonomi Bisnis Indonesia $1.70
  • Ekonomi Indonesia $2.23
  • Ekonomi Pemerintahan $4.96
  • Gambar Mesin $1.14
  • Gambar Mesin Bubut $2.49
  • Info Mesin $1.16
  • Keamanan Sistem Informasi $3.69
  • Manu Life $3.02

Setelah muncul suatu topic tertentu, maka silahkan pilih salah satu yang menarik perhatian. Memang terkadang tidak ada topik yang sesuai dengan latar belakang kita "duh kok semuanya out off the topic" yang kita pikirkan. Jika demikian coba cari lagi disitus lain atau juga bisa memanfaatkan Google trend. Temukan sampai setidaknya nyambung dengan topik yang anda minati. Jika benar - benar tidak ada maka begitu lah faktnya.

"Apakah anda akan mengerjakan sesuatu yang anda sukai, tetapi tidak income" atau "anda mengerjakan sesuatu yang anda sukai tapi income"

Terkadang memang situasi seperti itu, saya pun juga mengalami. Beruntunglah anda jika anda bisa mengerjakan sesuatu (ngeblog) yang anda dan menghasilkan income". Meskipun demikian, semua dapat dipelajari, begitu juga dengan bloging yang tadinya tidak tahu sama sekali sekarang sudah cukup mengerti. Yang jadi patokan adalah "setidaknya keyword anda ada harganya".

Membuat HPK nihce blog

Setelah menemukan niche blog tertentu maka saatnya membuat atau membangun blog baru. Membuat blog juga sangat membantu optimasi dimesin pencari. Aspek penting dalam membuat blog antara lain yaitu 1) judul blog (title) dan 2) address (alamat blog). Dari kedua komponen ini nanti akan mendukung juga SEO (search engine optimization) pada artikel yang SEO pula. Maka untuk membuat blog HPK niche blog kita membutuhkan hasil break down dari kata kunci yang telah dipilih dengan Google Keyword Planner atau aplikasi lainya.

Oleh sebab itu maka kita harus belajar dulu cara menggunakan Google Keyword Planner. Cara ini juga dapat dikatakan seabagai research keyword. Saya anggap anda sudah bisa menggunakanya, maka kita bahas bagaimana memilih salah satu dari research tersebut. 
Skema HPK niche keyword

Kita anggap skema diatas sebagai HPK niche keyword. Pada contoh diatas kita membidik mobil sebagai HPK. Akan tetapi tidak cukup sampai disitu, karena 'mobil' merupkan short tail keyword, akan lebih baik jika kita lebih fokus pada long tail keyword. Mungkin akan kita bahas perbedaan short tail keyword dan long tail keyword

Segitiga diatas menunjuk bahwa semakin kebawah maka kata kuncinya semakin panjang (long tail keyword", maka kita dapat memilih berdasarkan persainganya. Jangan gunakan short tail keyword seperti 'mobil dan harga mobil', karena persaingan terlalu besar dan kata kunci terlalu umum, sehingga blog akan sangat lama untuk naik di Google. Maka kata kunci yang bisa digunakan untuk judul blog dan alamat blog mulai dari 'harga mobil toyota, harga mobil toyota rush, harga mobil toyota rush' atau bisa pula variasinya misal 'harga toyota rush'. Sebanarnya untuk melihat persaigan bisa kata kunci bisa ditentukan di filter Keyword planner. 

Selanjutnya contoh judul artikel dan alamat blog untuk HPK niche keyword sebagai berikut: 
Judul dan Alamat HPK targeted keyword
Dari contoh diatas bahwa judul blog (title) dan adress (alamat blog) dibuat sama. Selain membidik HPK, hal ini juga sekaligus membidik targeted keyword yang selanjutnya menjadi HPK targeted keyword. 

Meskipun dalam bebearapa kasus judul blog dan alamat tidak sama dengan artikel, tetapi niche blog tetap harus fokus pada penulisan artikel yang SEO. Akan tetapi jika judul dan artikel sudah tertarget seperti contoh diatas maka kita sudah bekerja dua kali lebih cepat untuk optimasi dibanding dengan hanya artikelnya saja niche. 

Membagun blog niche semata - mata hanya untuk blogger yang memang berkonsentrasi pada Google Adsense. Bisa saja cara diatas tidak berlaku untuk blog lain seperti blog personal branding, gado - gado, company profil, organisasi dan lain sebagainya. Meskipun demikian sebagain atau cara diatas dapat tetap digunakan untuk optimasi salah satu artikel pada suatu blog yang tetap bisa diterapkan secara general.

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar