GRATIS Panduan ECourse Cara Membuat Landing Page 2023 bersama Agungnesia Klik Disini

Apa Itu Blog dan Website?

Mengetahui secara singkat apa itu blog dan website ternyata sangat penting. Sebenarnya sudah banyak pejelasan terkait pengertian dua istilah ini. Akan tetapi karena beberapa alasan saya akan menjelaskan apa itu blog atau website dengan penjelasan yang paling sederhana. Penjelasan ini cocok banget untuk anda yang buta banget tentang blog/ web dan sedang mencari - cara cara mencari uang melalui blog.

Sebelum kamu terjun kedunia blog atau ingin sekali bisnis online dengan blog maka pengertian mendasar ini harus dipahami. Hal ini mengingatkan saya sendiri kita penasaran cara mencari uang di internet. Saya sangat ingat betul susahnya mencari jawaban cara mendapatkan income dari internet. Mencari seorang guru yang mau benar- benar mengajarkan ilmu blog/ internet waktu itu sangat susah. Akhirnya untuk membantu orang lebih banyak lagi saya menulis buku Mahasiswa Setengah Blogger yang membahas tutorial membuat blog, tips, dan trik hingga incomenya. 

Nah pada kesempatan kali ini saya tujukan bagi kamu yang benar - benar baru mencari atau ingin tahu apa itu bog dan website.

1. Pengertian Blog

Gampangnya, blog itu adalah sebuah tempat untuk menulis artikel di internet. Ya seperti yang kamu lihat ini, kamu sedang membaca blog saya Agung-id.blogspot.com. Tempat atau wadah untuk menulis ini disebut blog host atau blog platform atau Web 2.0. Nah gampangnya lagi tempanya adalah di situs Blogger.com atau dikenal dengan Blogspot. Kalau orang barat menyebutnya Google Blogger. 

a. Cara membuat blog

Setelah tahu tempanya, sekarang kamu tinggal membuat blog dengan mengunjungi blogger.com lalu buat akun disana. Saya belum nulis cara membuat blog maka bisa anda cari di Google dengan mengetik "cara membuat blog blogspot" nanti tinggal ikuti caranya selesai dech.

b. Pekerjaan Blogger

Setelah anda punya blog dengan alamat blog tertentu misal punya saya tadi agung-id.blogpsot.com maka kamu tugas anda hanyalah menulis artikel. Ya hanya nulis saja seperti tulisan saya ini. Dalam tulisan tersebut kamu bisa juga menambahkan foto agar lebih menarik. Intinya nulis dan unggah foto sudah. 

Selesai, selamat kamu sekarang sudah punya blog, sudah punya pekerjaan, dan bisa disebut sebagai seorang Blogger. Sesederhana itu gampangnya. 

2. Pengertian Website

Blog dan website sebenernya memiliki pengertian yang hampir sama. Bagi orang awam boleh lah kamu mengatakanya sama. Yakni sama - sama sebuah wadah untuk menerbitkan artikel di internet. Ya sama kaya tadi yaitu artikel berupa tulisan dan gambar. Boleh salah satu sih, tapi saya menyarankan unggah keduanya. 
Web: rentalmobil.info

Pandangan awam, kalau blog gratis, kalau website itu berbayar. Maksudnya siapapun dapat membuat blog secara gratis dengan alamat blog tertentu misal namakamu.blogspot.com. Nah membuat alamat blog ini benar - benar gratis dengan catatan dibuat di tempat Blogger.com. Sedangkan kalau website harus bayar, misal nama web namakamu.com atau rentalmobil.com untuk web tentang rental mobil/ rental mobil lepas kunci. Nah untuk mendapatkan alamat web tersebut (disebut domain) kamu harus beli dulu diperuhaaan penjual domain. 

3. Perbedaan Blog dengan Facebook

Blog atau website tidak ubahnya kaya kamu punya Facebook, Instagram, atau media sosial lainya. Secara garis besar ya sama. Kamu daftar terus kamu bisa tulis status di akun kamu sendiri. Kalau di facebook disebut status, kalau di blog/ website disebut artikel. Sedeharna banget kan. Nah yang membedakan hanya lah kalau facebook kamu tidak punya alamat khusus, sedangkan kalau blog/ website itu punya alamat khusus misal tadi agung-id.blogspot.com atau rentalmobil.info.

Demikian artikel saya untuk menjawab apa itu blog dan website. Sebenarnya pengertian ini tidak sesuai dengan pengertian ilmiah, akan tetapi saya rasa cocok orang yang tidak tahu menahu tentang website dan baru ingin belajar terutama ingin mendapatkan penghasilan di internet. Blog host membuat blog sendiri ada banyak, akan tetapi belum saya utarakan. Daftar CMS paling populer hasil survei saya bisa kamu baca di Statistik jenis blog di Indonesia.

Sekali lagi pengertian ini hanya terkhusus bagi mereka yang awam, bukan untuk mereka yang paham dan bukan untuk referensi ilmiah. Melalui pengertian ini mungkin akan menjadi alasan mendasar mengapa anda harus terjun ke dunia blog. Ingin belajar lebih lanjut seputar pengertian dasar dan tuorial membuat blog? silahkan klik di label Bloging blog saya ini.

Selamat belajar dan selamat terjun kedua blog dan internet. 
Agungnesia Agungnesia, seorang blogger yang fast respon melayani pembuatan artikel SEO dan pembuatan website di agungnesia.com

1 komentar untuk "Apa Itu Blog dan Website?"

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar