Cara Menentukan Topik Blog

Menentukan topik blog atau website membutuhkan beberapa pertimbangan. Cara yang saya sampaikan ini bukan cara secara teknis tetapi cara secara konsep. Membuat blog bisa dilakukan sangat mudah, bahkan hanya dalam 5 menit, akan tetapi bisa saja blog tersebut berhenti ketika blog baru punya 10 artikel bahkan kurang. Hal ini karenakan blogger tersebut bingung mau nulis apa lagi ya?

Selain itu menentukan topic blog sama halnya menentukan domain untuk blog, karena untuk kebutuhan SEO judul blog dan domain diusahkan sama (ya walau gak wajib). Terlebih penentuan topik ini cocok untuk blog tipe niche yaitu blog yang fokus pada satu topic tertentu. Kenapa harus blog niche karena blog niche lah salah satu cara paling jitu untuk mendatangkan income dengan adsense. Jangan pernah berharap dapat income adsense dari blog gado - gado.

Penentuan topic ini selanjutnya juga akan menentukan konten atau pembahasan dari semua blog. Fokus pembahasan akan terarah pada satu topic misal otomotif, wisata, asuransi, handphone, android. komputer, atau blog. Berikut beberapa alasan atau cara menentukan topik / ide blog.

1. PPC


Pay Per Click (PPC) adalah nilai rupiah besaran per klik dari keyword yang kita tuju. Tidak bisa dipungkiri bahwa tujuan membagun blog niche adalah untuk income, kalau nialai CPC yang disasar besar tentu kemungkinan income juga besar. Ada dua pilihan yaitu mau menggunakan High Pay Keyword (HPK) atau PPC yang kecil. Bisa saja ada kata kunci yang nilai sangat besar tapi anda tidak suka topiknya atau ada keyword dengan PPC kecil tapi anda suka. Nah mana yang lebih anda pilih? 

Yang menjadi kenyataan di Indonesia adalah walaupun PPC nya kecil tetapi jika visitornya lumayan sekitar 1000 unique visitor anda bisa dapat 2-3 dolar perhari. Inget 1000 lho ya. Statistik ini bukan dari Statistik Blogger tetapi bisa pakai Histat


2. Basic Knowledge

Suatu topic bisa saja menarik, tetapi anda tidak punya cukup pengetahuan didalamnya. Oke lah nekat. Kalau anda memang gigih ya anda bisa saja kuasai topik tersebut, tetapi bisa juga sebaliknya 'berhenti'. Mau gak mau memang dasar ilmu (knowledge) sangat diperlukan, misalkan anda punya latar belakang pendidikan kesehatan atau kejuruan lainya tentu lebih mudah menuliskan niche blog tentang kesehatan bukan. 

Apabalia anda tertarik dengan topik umum atau diluar bidang anda maka mau gak mau harus mempelajari bidang tersebut. Sumber yang valid adalah buku, jadi anda bisa baca - baca buku, selian itu ya memang bisa parafrase artikel orang, berita, atau ulasan lainya dari blog atau web lain. Tetapi semua bermuara pada satu hal yaitu basic knowledge

3. Pengalaman

Mungkin pengalaman salah satu sumber yang paling jitu. Menulis cerita anda sendiri di blog tentu lebih santai, lancar, dan bisa panjang lebar. Plusnya lagi bisa sangat faktual atau nyata karena tidak mengada - ada. Pernah dengar travel blogger, nah ya kaya gitu. Satu lagi teman saya dia benar - benar beli hp dan dia review lalu publish di blog. Salut. Ya mendasarkan pengelaman bisa menulis lebih lancar tetapi modalnya dan waktu yang tidak sedikit. Tapi kualitas anda pada sumber topic yang satu ini. 

4. Hobi

Anda punya hoby yang keren, misalnya suka ngeGym, kucing, fotografi, atau bola. Siapa tahu hoby anda punya PPC tinggi. Coba research dulu dengan keyword planner, jika hobi anda punya cukup PPC minimal tidak nol bisa lah diangkat. Hobby hampir sama dengan experiance, justru hobby lebih low cost karena sudah biasa anda lakukan, ya sekalipun sebenarnya juga mahal, tapi sudah menjadi keseharian anda jadi tidak seperti Pengalaman baru yang harus anda cari. 

5. Jasa Artikel

Tidak mau pusing dengan menuis artikel bahkan tidak peduli degan topik yang dibahas. Jangan kuatir, tetap ada solusinya. Seorang blogger yang memiliki modal cukup dia cukup membidik HPK saja. Setelah mendapatkan HPK baik Indo maupun luar negeri dia tinggal beli artikel. Ada banyak jasa pembuatan artikel dengan harga sektiar 13.000 per 300 kata. Ya tarif bisa beda - beda. Jasa artikel bisa didapat dipencarian Google atau di forum blog. Kalau mau yang profesional, bisa dilihat dari repotasi dan webistenya. Jasa artikel ini cocok berani spekulasi dan paham research keyword.

Selain lima alasan tadi, anda juga bisa mempertimbangkan Google Trend. Google Trend menawarkan topic hangat yang bisa anda bidik, kalau untuk niche blog yang kebetulan cocok dengan trend yang ada bisa tu mengambil trend tersebut. Menurut saya Google trend tidak bisa jadi topik utama suatu blog apalagi jadi domain, dia hanya berfungsi untuk mendongkrak blog yang sudah anda bangun. 

Dengan mengetahui lima cara menentukan topic diatas maka blog baru anda akan jauh lebih terarah. Anda bisa pilih salah satu alasan tersebut atau menggabungkan semuanya. Bagi anda yang ingin punya blog sendiri mulai dari menentukan topic, domian, template, SEO, dan konten anda tetap harus punya pengetahuan yang cukup terkait blog anda. Apapun domain, template, SEO yang anda lakukan kalau konten artikel tidak memadai maka akan percuma. Punya blog sama halnya menulis satu buku dengan pembahasan yang bermanfaat.

0 Response to "Cara Menentukan Topik Blog"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar