Spot Kece di Taman Pring Kuning Waduk Sermo

Tren wisata bernuansa foto pada beberapa tahun ini begitu menggeliat. Dari suatu tempat yang tadinya tidak dilirik sama sekali sekarang ini bisa dirubah menjadi spot foto yang menarik. Salah satunya spot Pring Kuning di Waduk Sermo Kulon Progo, Jogja ini. 
Spot Tampir Pring Kuning
Sepintas tentang wisata di Kulon Progo mungkin identik dengan Kali Biru, nah selain Kali Biru ternyata Waduk Sermo yang berada hanya 4 KM dari Alun - alun Wates ini menyediakan sejumlah spot foto yang menarik lho. Berkat panorama waduk yang begitu luas dan dikelilingi bukit waduk sermo memiliki daya tarik sendiri. 

Menuju Waduk Sermo

Hari minggu ini berniat untuk mengunjungi Waduk Sermo, sebelumnya saya hanya berfikir mungkin hanya ada waduk dengan latar yang alami. Maklum saya tidak mengikuti IG area Kulon Progo dan tidak iseng - iseng buka internet. Taunya ya Kali Biru dan Waduk Sermo saja. Nah Kali ini langsung sikat saja menuju Waduk setelah minum es di Alun - alun Wates. 

Hanya beberapa menit saja sudah sampai di Waduk Sermo, jalanya gampang banget. Dari Alun - alun tinggal ke arah barat saja nanti sudah ada penunjuk jalan yang jelas menuju Waduk Sermo. Jalanya sedikit menanjak dan banyak pepohoan di sisi jalan. 

Tiket Waduk Sermo

Sudah ada pos penjaggan menuju Waduk ini. Harga tiketnya cuma 5ribu perorang, itu sudah termasuk sepeda motor. Murah kan. Dari pos itu jalanya agak menurun, setelah itu Waduk terlihat begitu jelas. Jalan sepanjang tepi waduk halus dan sangat panjang, jadi bisa muter - muter lihat waduk dari tepi jalan secara langsung. Di sektiar waduk ini boleh parkir dimana saja. Sudah ada beberpa tempat untuk parkir dan menikmati pemandangan dari tepi waduk.

Spot Foto di Waduk Sermo

Setelah muter - muter survey sekitar waduk ternyata ada banyak spot foto yang ditawarkan. Spot - spot tersebut bernama Akar Liar, Pring Kuning, Gumuk Sri Tinon, Taman Bambu Air. Spot - spot ini di ada disekitar tepi Waduk, jadi tinggal pakir lalu masuk ke salah satu spot tersebut. Sebelum masuk spot sudah ada loketnya masing - masing. Jarak antar spot ini tidak begitu jauh, hanya sekitar beberapa menit sudah sampai ke spot lainya. Dari spot - spot tersebut yang tidak saya lihat hanya spot Taman Bambu Air, kayaknya sih lokasi agak naik lagi. Selain itu ada satu lagi yaitu anda bisa naik kapal di dermaga yang ada di waduk sermo. Kalau spot - spot yang lain dikelola oleh kelompok atau komunitas tertentu, kalau wisata naik kapal ini kayaknya dari pemkab. Tiket naik kapal ini hanya 10ribu perorang tetapi minimal harus lima orang. Nah waktu itu saya sudah naik dan menunggu beberapa menit mungkin lebih dari setengah jam, berhubung tidak ada tambahan orang lagi ya tepaksa turun dari kapal yang berada di tepi dermaga itu.

Spot Pring Kuning

Area parkir Pring Kuning
Dari sekian banya spot, saya memutuskan untuk mampir di Pring Kuning. Saya rasa cukup representatif ketika saya lihat dari tepi jalan. Masuk ke Pring Kuning anda bisa pilih satu beberapa spot foto terlebih dahulu. Ya intinya bayar spot foto dulu baru masuk. Ada tiga pilihan spot, saya pilih dua spot. Spot pertama adalah gardu pandang gitu, tapi mereka menamkanya "Spot Foto Tampir". Harga spotnya Rp. 5.000 per orang. Spot foto ini kokoh banget, dengan tiang - tiang besi, boleh buat lompat juga. Kalau mau naik, sudah ada pemandunya yang bukakIn lubang dari bawah spot ini. Sebelum naik, pengunjung harus pakai tali pengaman dulu ya. Setelah naik, foto bisa diambil dari tangga yang berada sebelahnya, bisa difotokan oleh teman atau minta tolong pemandunya. Ramah - ramah kok. Perlu dinget, Rp.5.000 tadi hanya untuk naik ke spotnya lho ya. Spot kedua yang saya pilih adalah semacam dermaga gitu, dermaga dari kayu ini terapung ditas air dan dibagian bawahya da beberapa tong bahan plastik gitu, jadi digoyang - goyang tetap aman. Mereka menamakan spot ini "Spot foto love" dengan harga Rp. 7.500 per orang.

Jadi saya menghabiskan Rp. 12.500 perorang, kalau berdua bertiga itung sendiri ya. Sebenarya masih ada spot lagi di Pring Kuning, yaitu kayak gasebo gitu dengan harga Rp.5.000  per orang.

Di Pring Kuning juga ada layanan fotografer, nah kamu bisa pesan dengan harga 1 kali foto Rp. 5.000 dengan minimal foto adalah empat kali jepret. Berarti anda harus mengeluarkan Rp. 20.000 untuk layanan fotografi.

Konsep manageme yang diusung spot Pring Kuning bagi saya sangat menarik. Dengan memanfaatkan potensi tepi waduk yang indah bisa dijadikan spot foto untuk mendapatkan income. Penataan dan infrastrukrut baik lokasi dan spot bersih dan representatif, bahkan saya katakan bagus. Penataan dan tampilan seninya begitu terlihat dari pintu masuk parkir hingga bagian dalam. Tulisan Pring Kuning dan penataan desain tampilan depan di area parkir yang bagus, tangga hingga pagar nya juga bagus, dan ada sejumlah tempat duduk untuk istirahat atau mengantri foto.

Kenapa saya katakan bagus, karena ternyata Taman Pring Kuning didanai dan dikerjakan oleh sekelompok orang, ya mungkin dikatakan patungan begitu. Mengingat sumber dananya yang swadana dan bisa menghasilkan wujud yang seperti itu maka dapat dikatakan luar biasa. Bahkan sudah bisa berjalan sekitar satu tahun ini. Apresiasi untuk para pihak pengelolanya dech. Menjadi inspirasi dan gambaran bagaimana bisa mengembangkan suatu potensi wisata yang dapat dicontoh oleh tempat lain.

0 Response to "Spot Kece di Taman Pring Kuning Waduk Sermo"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar