Plang Nama dari Botol Bekas

Tulisan atau plang nama dari botol bagi saya terlihat sangat menarik. Botol bekas yang biasanya sudah gak dipakai atau sekedar diremas- remas ternyata menjadi bisa menjadi nilai seni yang apik. Sebelum melihat tulisan dari botol ini, sebelumnya saya sudah datang ke acara Festival Kesenian Yogyakarta (FKY). Saya sudah dua kali datang ke agenda tersebut. Nah yang mencuri perhatian saya adalah ketika saya melihat kursi yang terbuat dari botol bekas. Tahun lalu saya lihat kursi botol bekas, dan tahun ini juga lihat lagi. Rutin banget nhi dan ternyata dari Dinas lingkungan Yogyakarta lho. Keren nhi dinas.

Botol bekas dengan bentuk dan ukuran yang sama tepatnya botol air mineral tangung kemudian diisi plastikk, nah agar ada corak warnaya seragam bagian bawahnya dikasih plastik dengan satu warna lalu ditata dengan kayu kecil agar rapi dibawah jadi ya kalau dilihat dari bawah (jawaNe silit) terlihat satu warna misal warna putih. Kalau plastik bekas selanjutnya yang dimasukan boleh warna apa saja, karena perumkaan yang lihat nantinya hanya silitnya saja. Setiap plastik bekas yang dimasukaan harus didorong dengan kayu tadi agar rapat dan kuat. Nah setelah dilem dengan lem kaca yang biasa dipakai buat ngelem etase itu maka kursi sangat kuat jadi kuat banget tu dibuat duduk.


Kursi ini pada tahun pertama berbentuk segi enam gitu dari sekitar 9 botol air meneral bekas ukuran tangung. Pada tahun kedua ternyata jumlah kursinya lebih banyak dan di tata menjadi kursi gede kaya sofa gitu. wih mantap juga nhi. Mau buat sendiri, bisa lihat di cara membuat kursi dari botol bekas.
Tulisan dari botol bekas

Kembali ke tulsian dari botol bekas. Nah waktu itu saya menghadiri acara seleksi di salah satu SMK di Kabupaten Boyolali. Niatnya mau cari kantin karena belum sarapan, eh ternyata kantin gak buka tapi ternayta nemu tu tulisan dari botol mineral bekas juga yang ditata. Konsepnya sama yaitu botol disi plastik dan terlihat warna - warni. Kreatif nhi. Kalau yang ini gak pakai lem tapi pakai besi. Waduh kalau paaki besi sih kuat tapi harganya juga lumayan tu. Maklum lah SMK gitu, cocok buat prakarya siswa.


Nah pengen buat hal yang serupa punya plang tulisan yang keren tapi dari botol, iseng - iseng cari referensi di internet. Nah ketemu thu "Pintoe Seni". Foto ini kalau gak salah merupakan karya mahasiwa salah satu universitas swasta gitu. Jempol juga nhi. Kalau Pintoe Seni ini pakai botol bekas tapi dia gak pakai sampah plastik bagian dalamnya. Dia pakai botol bekas dan yang digunakan adalah bagian tutupnya, jadinya warnaya terlihat biru. 


Mengambil kesimpulan dari tiga contoh tadi, satu kursi botol bekas di FKY, tulisan botol bekas di SMK, dan plang tulisan dari botol bekas di kampus akhirnya sudah mendapatkan sedikit gambaran untuk membuat plang tulisan. Begini rencanaya. 

Botol bekas bagian bawahnya diisi dengan plastik dengan palstik warna kaya di FKY dan SMK gitu terus dibaut tulisan kaya modelnya di kampus itu. Nah botol - botol yang sudah disi plastik bekas tadi kemudian disambung dengan lem kaca sehingga membentuk tulisan. Sebagai penyangganya cukup bagian tengahnya saja yang dilem dengan besi. Jadi cukup 1 atau 2 besi saja untuk satu huruf sehinggan nantinya besi tersebut bisa ditanam. Besi yang digunakan adalah besi yang ukuranya kecil tapi cukup kuat jadi tidak merusak kerapian botol. Misalkan satu besi lurus ditempelkan dua botol kiri dan kanan sehingga menjadi huruf L. Kurang lebi begitu. 

Bukan semata karena nilai material yang murah, tetap penggunaan botol bekas dan mengisi dengan plastik bekas merupakan upaya edukasi yang penting agar masyarkat tidak membuang sampah sembarangan, kemudian sebagai contoh pemanfaatan sampah plastik, mengurangi sampah plastik, memberikan gambaran dari pada sampah plastik hanya dibakar, dan ternyata plastik juga memiliki nialai seni. Bahkan ternyata satu botol plastik bisa menampung satu kresek besar sampah plastik. Jadi efektif banget tu mengurangi sampah plastik. 

Saya yakin banget bahwa setiap rumah punya sampah plastik dan biasanya juga bingung mau diapakan, dari pada hanay disatuin dalam satu kantong plastik dan dibuang ke tempat sampah atua dibakar lebih baik dibentuk menjadi karya seperti ini. Baik plang tulisan maupun kursi. Perlu diingat bahwa setiap manusia adalah produsen sampah. Yuk cintai lingkungan dengan tidak buang sampah sembarangan. 

Kira - kira apa karyamu? 

0 Response to "Plang Nama dari Botol Bekas"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar