Bagaimana Mencari Uang dengan Blog?

Ada sebuah pertanyaan yang umum yaitu "bagaimana cara mencari uang dengan blog". Pertanyaan ini akan saya jawab sebagai bentuk solusi bagi kalangan umum agar bisa memahami untuk memulai atau terjun di dunia maya. "Benarkah bisa mendapatkan uang di internet". Mungkin juga dengan pertanyaan seperti itu. Internet itu nyata, tidak ubahnya dengan majalah atau televisi, hanya saya medianya saja yang berbeda. Kalau kita melihat koran dan majalah bisa hidup dari iklan, nah begitu juga dunia internet. Ya karena esensinya sama yaitu berupa tulisan yang dipublikasikan. 

Sebelum saya paparkan, perlu kita samakan persepesi lebih dahulu. Yang saya maksudkan blog dan web dalam pembahasan ini saya asumsikan sama untuk memudahkan pengertian, untuk penjabaran lebih detailnya apa bedanya bisa dibahas dilain waktu.

Selanjutnya saya perlu sampaikan juga bahwa alasan kenapa anda harus terjun ke dunia blog. Saya mengasumsikan ada tiga hal alasan kenapa memilih bisnis bidang blog untuk membuka pandangan kita, bahwa kenapa anda harus pilih blog yaitu 1) modal kecil dan 2) tanpa skill khusus/ bisa dilakukan oleh siapa saja, dan 3) waktu bebas. Ulasan lebih detail silahkan baca alasan kenapa harus terjun dunia blog.

Secara umum mencari uang di internet secara sederhana versi saya dibagi menjadi tiga. Ya sebenarnya ada sangat banyak, tapi bagi dalam tiga kategori besar dulu. Yaitu 1) bloging, 2) toko online, 3) jasa pembuatan blog. Melalui tiga kategori ini dapat menjadi alasan kenapa saya harus terjun kedunia internet, keuntungan materi bisa didapat secara sederhana bisa kita dapat dengan tiga kategori ini. Mari kita mulai

1. Bloging

Bloging atau juga orang Indonesia menyebutnya ngeblog, yaitu cara mencari uang di internet dengan cara menulis artikel di blog atau web. Orang dengan pekerjaan ini dianamakan bloger atau nara blog. Sebelum menulis blog tentu orang harus membuat blog dulu, bisa dengan Blogger.com, Wordpress.org, dan platforom lainya yang. Blogger atau Blogspot saya sarakan karena hostingnya gratis, bisa custom Top Level Domain (TLD) seperti .com, info, web.id, id, co.id, dan lainya. Kalau Wordpress.org juga disarankan tetapi anda harus modal dulu untuk beli hosting dan domain ya minimal 200rb sudah dapet kok. 
Sebenarnya seorang nara blog dapat nulis berbagai topik, akan tetapi untuk tujuan provit, saya sarankan menulis tentang satu topik tertentu. Usakan topik yang umum yang bisa dikonsumsi banyak orang dan topik dengan Pay Per Click (PPC) tinggi. 

Setelah memiliki blog, mendaftarlah ke Google Adesense. Ada banyak trik untuk daftar Adsense, biasanya dengan mengunggah video di Youtube dulu dan tentu masih ada tahap lainya. Bisa dibicarakan nanti. 

Jadi kalau digambarkan dalam mencari uang melalui bloging adalah blog + Adsense = income. 

2. Toko Online

Toko online atau kita kenal "online shop", seringkali kita lihat dimana - mana ada orang yang jualan. Ya memang jualan itu adalah salah satu pembuka pintu rejeki yang sangat disarankan. Seiring dengan pekembanganya tidak hanya jual produk secara online dengan kontrak toko yang mahal, tetapi cukup punya produk dan dipasarkan via online, jauh lebih murah. 

Toko online bisa dibuat dengan blog blogspot dengan fitur yang sederhana, dan bisa juga dengan Wordpress.org dengan fitur yang lebih  lengkap. Ada dua jenis pelayanan dalam toko online. yaitu 1) Toko online hanya sebagai marketing dan 2) Toko online sekaligus penjulana. 1) Toko online sebagai marketing disini yang saya maksudkan adalah kita mempunya sejumlah produk yang diunggah di blog tetapi orang hanya bisa melihat produk dan deskripsi tentang produk itu, tetapi untuk closingnya itu melalui nomer telp, ya katakan WA. Jadi pembeli akan melakukan konfirmasi bahkan tanya ini itu kepada penjual melalui hp, jadi interaksi antar personal sangat dipelrukan untuk jenis pertama ini. Cara terbukti efektif, teman saya yang punya jasa lukis pun juga laku dengan cara ini, yang lain lagi jual produk ukiran juga laku, dan pemasaran wisata seperti taman Kali Cemara juga bisa diterapkan dengan cara ini. 2) Toko online sekaligus penjualan, pada toko online yang kedua ini baik deskripsi produk, closing, dan pembayaran dilakuukan di website. Pembeli bisa melakukan sendiri tanpa keterlibatan secara langsugn dari penjual. Order yang sudah masuk email tinggal dikirim ke alamat pembeli. 

3. Jasa Website

Mungkin kamu belum pengen jualan online atau mungkin merasa belum pede nulis, tapi kamu suka dengan dunia internet, Jasa pembuatan wesbite dan blog adalah alternatifnya. Jasa pembuatan website ini tidak perlu orang yang benar - benar mengerti bahasa program kok. Kenapa? karena template baik untuk Blogspot dan Wordpress.org sudah tersedia di internet. Bisa gunakan template yang gratis bisa juga gunakan template yang premium, banyak banget tinggal rajin mencarinya. 

Anda akan secara perlahan tahu bahasa pemprograman sedikit demi sedikit, kalau jam terbang sudah tinggi semuanya beres. Jadi gak perlu takut. Melaui jasa pembuatan web ini ada bisa membuatkan web untuk perusahaan, sekolah, organisasi, lsm, komunitas, perusahaan jasa, toko, toko online, dan lembaga atau usaha apapun yang butuh website. Ingat masih banyak yang belum punya web lho. Yang tebaru disetiap desa sekarang akan atau suda punya web. Mungkin kamulah orang yang dicari utnuk mengelolanya. 

Pembuatan website dengan Blogspot yang mau dirubah menjadi TLD anda cukup belikan domian dengan harga 114rb saja. Template sudah gratis tinggal di edit sesuai tujuan web. Kalau mau template yang premium juga sudah banyak bahkan versi Indoensia. Anda bisa pasang tarif mulai dari 450 ribu untuk satu web berbasis blogspot. Lumayan kan untungnya.

Pembuatan website dengan Wordpress.org sebenarya juga tidak mahal. Anda cukup beli Hosting dan domain mulai Rp. 200 rb saja dengan space sektiar 200MB. Untuk template berbayar dijual Rp sekitar 250rb, bahkan sudah banyak template yang dijual oleh orang Indonesia sendiri. Kemudian anda bisa pasang tarif 800 ribu atau lebih

Masih terkati dengan jasa pembuatan web, tidak hanya membuatkan anda juga bisa menyediakan jasa perawatan (maintenace) sebuah website itu perlu adanya perawatan atau updte. Kalau sudah jadi dan dibarin saja tentu fungsinya kurang signifikan apalagi kalau mau naik di Google atau marketing produk. Kalau untuk tipe Blogspot, perawatan dilakuakn dengan update artikel, pembenahan gadget, Search Engine Optimazation (SEO) dan error lainya yang bisa saja timbul. 

Saya lihat jasa perawatan website yang profesional itu tidak murah, harganya mulai Rp. 600ribu. Wow kan, inget ini perawatan lho gak bikin lho. Kalau anda bisa merawat 3 websie saja dengan tarif separonya sudah 900ribu perbulan. Perawatan web di Wordpress selain udpate artikel atau produk, anda bisa udpate plugin - plugin di dalamnya. 

Demikian penjelasan saya cara mencari uang dengan blog atau website di Internet. Sharing ini merupakan pengalama saya pribadi. Nilai rupiah baik harga dan tarif yang saya tampilkan di aritkel ini hanya estimasi and bisa mengganti sesuai dengan kapasitas dan kemampuan. Semoga dapat menjadi pandangan bagi anda yang ingin terjun di dunia internet khusunya blog. 

Kalau ditanya, "mas paling suka yang mana", saya paling suka bloging, karena tinggal buat artikel, bahkan tidur saja kita dibayar. Saya tanya balik nhi "kamu suka yang mana?"

0 Response to "Bagaimana Mencari Uang dengan Blog?"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar