6 Tempat Wisata Boyolali Utara

Ngomongin wisata di Boyolali mungkin sepintas kita langsung tertuju pada panorama gunung. Ya itu betul banget, tapi itu baru sebagian guys. Boyolali yang terkenal dengan pesona gunung ada di Boyolali bagian barat tepatnya di kecamatan Selo. Nah kali ini kita ada tempat wisata Boyolali utara. 

Berbeda dengan sisi baratnya, Boyolali utara memiliki pesona yang berbeda yaitu berupa danau, sungai, dan bukit. Menuju Boyolali bagian utara dapat dicirikan dengan jalan ke arah utara dari pertigaan Bangak dan Kartarsura, ke arah timur dari Ampel, dan Ke arah barat dari arah Sragen dan Karanganyar.

Lokasi - lokasi yang dituju untuk tempat wisata boyolali utara ini antara lain kecamatan Ngemplak, Simo, Klego, dan Kemusu. Sebenarnya masih ada beberapa kecamatan lain, tapi akan akan bahas lokasi - lokasi di kecamatn tersebut. Wisata ini ada yang memang sudah lama, tapi ada juga wisata baru Boyolali.

Berikut daftar tempat wisata Boyolali sebelah utara yang siap dikunjungi. 

1. Waduk Cengklik

Waduk yang terletak di Ngargorejo Desa Kecamatan Ngemplak Boyolali cocok banget untuk hunting sunset guys. Waduk ini sebenarnya merupakan tempat penampungan air yang berfungsi sebagai irigasi. Selain itu, waduk ini jug kerap dijadikan sebagai spot mancing biak saing hari maupun malam hari.
Sumber: @dolanboyolali
Selain sunset, sunrise di Waduk cengklik juga indah, kalau siang hari ada kapal - kapal kecil ditepi danau yang cocok untuk latar foto instagram plus ada jalan sepanjang tepi waduk yang instagramable.

Menuju ke lokasi dari arah Bandara Adi Sumarmo ke arah Barat sekitar 15 menit dan lokasi waduk ada di kanan jalan. Kalau dari arah Bangak ke utara nanti ada pertigaan pertama belok kanan. Ada penunjuk jalanya kok. Kalau tiketnya murah banget hanya Rp. 2.000 per sepeda motor.

2. Water Boom Restu Wijaya

Mau main di kolam bersama teman atau keluarga water Boom ini dapat menjadi solusinya. Selain kolam juga tersedia prosotan - prosotan untuk berseluncur. Menuju ke Restu Wijaya dari Bangak dan Waduk Cengklik kearah Simo. Lokasi tepat berada di depan Pom Bensin Tegal Rayung.

3. Kali Cemara

Setelah dari Restu Wijaya kita menuju ke arah utara lagi, yaitu menuju Kali Cemara. Kali Cemara beralamat di Dukuh Tanjungsari RT 13 Desa Blagung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali. Spot yang satu ini menawarkan panorama sungai ada banyak spot - spot kretif yang ditawarkan seperti gardu pandag, kupu - kupu, tanggul belanda, taman gantung, tulisan tulisan kekinian dipapan kayu, dan masih banyak lagi lainya. 
Sumber: @kalicemara_

Masuk ke Kali Cemara  kamu cukup bayar parkir saja Rp. 2.000 per sepeda motor. Menju Kali Cemara dari arah Bandara Adi Sumarmo ke arah utara menuju Nogosari, lanjut menuju Simo, saat sampai di Tugu Semar silahkan belok kekanan, selanjutnya ada tugu Jam Ngeplang belok kiri gang pertama kiri jalan. Kalau dari arah Restu Wiajya tadi, kita terus menuju Simo, dari Tugu Macan Simo belok kanan searah dengan, setelah ada tugu Kedunglengkong silahkan belok kanan nanti ketemu tugu Jam Ngeplang juga. Gak usah bingung sudah ada map di Google map dan blognya kalicemara.blogspot.com. Lokasi dekat dengan jalan raya, jadi mudah dijangkau.

4. Lembah Gunung Madu

Masih di Simo, kita menju Lembah Gunung Madu atau di singkat LGM. Kali ini kamu akan disuguhkan dengan panorma bukit yang indah. Terlebih spot - spot yang yang hits bisa kamu dapat disini. Sudah ada bangunan - bagunan yang berada dikaki bukit ini yang menjadikan foto kamu semakin hits. 
Sumber: @dolanboyolali
Kalau lelah bisa mempir di cafe yang sudah disediakan, bisa makan dan minum dengan harga yang terjangkau. LGM berada di Jl. Simo - Klego KM. 5 Simo Boyolali. Dari Kali Cemara ke arah barat menuju Tugu Kedunglengkong tadi, dari tugu tersebut ke arah kanan sektiar 10 menit sudah sampai kok. Sudah ada plangnya dikanan jalan dan lokasi ditepi jalan jadi sudah terlihat dengan jelas. Kamu cukup bayar parkir Rp.2.000 saja kok menuju ke LGM.

5. Waduk Bade

Waduk yang tidak kalah Indahnya yaitu Waduk Bade. Waduk ini berada di Kecamatan Klego Boyolali. Menuju ke lokasi dari arah Lembah Gunung Madu menuju ke utara sampai ketemu dengan pertingaan Klego, dari pertigaan tersebut belok kanan. Nanti di kanan jalan ada gang masuk menuju ke Waduk tersebut. 
Sumber: @wadukbade

Kamu bisa berfoto di sepanjang tepi waduk ini atau sekedar duduk. Selain itu disisi utara waduk sudah ada kursi kursi untuk pengunjung kok. Kamu juga bisa ambil foto sunset di sini. Kalau Harga tiketnya Rp. 7.000 per sepeda motor.

6. Kedung Goro

Lebih ke utara lagi, sekarang menuju kecamatan Kemusu yaitu tepatnya di Desa Bolo. Wisata yang menawarkan pemandangan sungai yang asri ini Kedung Goro namanya. Selain bisa foto selfie dengan latar sungai, kamu juga bisa mandi di kedung ini, tapi hati - hati dan hanya direkomendasikan buat kamu yang bisa berenang.

Sumber: @dolanboyolali
Rute menuju Kedung goro dari Waduk bade atau pertigaan Klego tadi kearah barat, ada pertigaan kenana jalan dan mengikuti jalan tersebut. Atau dari Karanggede menuju Jl. Karanggede - Kedungjati terus masuk Desa Bolo. Sudah ada map kok di Google, jadi jangan kuatir.
Gambar: Segitiga wisata Boyolali utara

Nah demikian rekomendasi tempat wisata di Boyolali bagian utara. Jadwalkan dirimu satu hari untuk mengunjungi wisata - wisata siap kunjungi di Boyolali ini. 

0 Response to "6 Tempat Wisata Boyolali Utara"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar