Taman Kali Gedhe: Wisata Sungai Boyolali

Ngomongin soal wisata di Kabupaten Boyolali memang tidak ada habisnya ya. Di Boyolali banyak sekali wisata hits yang bisa dikunjungi. Nah kali ini ada wisata yang akan segera dibuka dengan nuansa sungai, yaitu "Taman Kali Gedhe". Kali Gede adalah salah satu sungai yang berada di sebelah utara simpang lima "Arjuna Wijaya" atau tepatnya di belakang Bank Boyolali. 
Sumber: @explore_boyolali
Taman yang satu ini per September 2017 ini memang belum secara resmi dibuka karena masih dalam tahap pembangunan, tapi sudah ada plang namanya yang diberi nama "Taman Kali Gede" ya karena berada di sungai gede atau dijempatan gede. Sungai atau Kali Gede sendiri juge memiliki nama Sungai Kalongan. 

Taman ini bisa dilihat secara jelas dari jalan raya menuju simpang lima dari arah Semarang, bentuknya yang indah, sungai yang, bersih, dan beberapa tempat duduk tentunay sudah dinanti - nanti. Yang paling unik yaitu adanya satu spot yang berada ditengah sungai yang bakal jadi incaran para pemburu foto instagram. 

Wisata Taman Kali Gedhe ini dibangun oleh Pemkab Boyolali lho dalam hal ini sepertinya oleh Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), Dinas  Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU dan PR) Boyolali, jadi sudah dipastikan akan menjadi wisata yang bersih dan indah seperti taman - taman yang ada di Boyolali lainya. Sedagnkan pembukaan resminya belum dan tiket masuknya juga belum ada bocoran, tapi sih kayaknya tahun ini akan dibuka untuk umum. Anggaran untuk revitalisasi sungai di Kali Gede dibiayai ABPD Boyolali senilai Rp. 968 juta menurut Solo Pos.
Kalau berkunjung ke wisata sungai yang satu ini bisa sekalian tu berkunjung ke Arjuna Wijaya, jadi saya rasa ini adalah wujud integrasi jadi saat bisa sekalian mampir dech ke Kali Gedhe karena lokasinya sangat berdekatan. 

Hadirnya Taman Kali Gede tentunya akan menambah jajaran wisata bernuansa sungai di Boyolali. Seperti yang sekarang sudah berjalan seperti River Tubing Wisnu Kencana di Teras, Susur Sungai Sawit di Sawit, serta Kali Cemara Simo, Kedung Goro Wonosegoro, dan Grojogan Sido Jodho Kemusu yang masuk dalam Wisata Boyolali utara
Kali Gedhe nantinya diharapkan menjadi sekolah alam yang mengajarkan masyarkat untuk mencintai sungai yakni tidak membuang sampah ke Sungai. Sungai yang indah dan bersih dicontohkan dengan Kali Gede ini. Dari sinilah kesadaran masyarakat Boyolali tentang pentingya sungai dan air. Yuk jaga kebersihan sungai. 

0 Response to "Taman Kali Gedhe: Wisata Sungai Boyolali"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar