Kenapa Harus Tidur Jam 9 Malam

Anjuran untuk tidak begadang sudah sering kita dengar. Saya yakin lagu Roma Irama pun juga begitu kental ditelinga kita. Katanya tidur kurang dari 8 jam perhari juga mengurangi harapan hidup lho. Dampak  buruk baik begadang atau tidur kurang dari 8 jam ternyata sangat banyak. Oleh karenaya agar mendapatkan jam tidur yang ideal maka jika tidur jam 9 malam maka kita bisa bangun jam 5 pagi. Saya rasa itu ideal, bisa juga tidur jam 9 malam bangun jam 4 pagi dan 1 jam tidur siang, tapi kalau sudah masuk jam kerja tidur siang sudah tidak mungkin kali ya. Oke terserah dech gimana ngaturnya yang jelas asumsi tidur jam 21.00 adalah untuk mendapatkan jumlah jam tidur yang ideal dan tentu sudah tidak lagi begadang. 

Tanpa sengaja hari ini saya nemu video dari channel Youtube Ayo Mikir tentang "Awas, Kurang Tidur Menyebabkan Kematian". Nah kesimpulan yang saya ambil dari dampak negatif jika tidur kurang dari 8 jam dan begadang:

Dampak Fisik Kurang Tidur

Secara fisik mereka yang kurang tidur dari 8 jam atau begadang akan terlihat lebih jelek, gembel, kucel, lemes , serem, tidak segar, mata berkantung, mbladus, dan mata panda. Ingat ya ciri - cirinya.

Dampak Psikis

Selain dampak fisik, dampak non fisik yang dialami antara lain: loyo, lemot, ngomong tidak nyambung, reflek menurun, depresi, bimbang, sulit menentukan keputusan, kemampuan berfikir menurun, munculnya hasrat seksual, dan menurunkan kemampuan dalam menentukan perencanaan. Gak mau kan kejadian sama kamu.

Dampak Kesehatan

Kesehatan orang yang kurang tidur juga akan terganggu sehingga akan mengalami obesitas, kerusakan otak, ganguan peredaran darah, diabetes, kesulitan mengelola glukosa, sistem imun yang menurun. Mencegah lebih baik dari pada mengobati kan.

Perlu diingat bahwa orang yang tidur sama halnya orang yang mabuk. Mereka akan merasakan kantuk pada siang hari dan pada saat begadang otak akan menyuruh tubuh untuk mengeluarkan energi tambahan, jadi kamu bisa kurus dech kalau begadang terus.

Sudah tahukan kenapa kita harus tidur jam 9 malam atau tidur selama 8 jam. Artikel ini tentunya lebih mengingatkan diri saya sendiri yang sering begadang karena tuntutan profesi  atau sebenarnya lebih sudah kebiasaan sejak bertahun - tahun lalu sih. Lebih baik tidur gasik, bagun pagi dan kerjakan tugas pagi dan siang hari, ingat manusia bukan mahluk nokturnal lho ya.

0 Response to "Kenapa Harus Tidur Jam 9 Malam"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar