26 Mei 2017

Yang Kekinian di Simo

Simo salah satu kecamatan yang berada di Boyolali bagian utara kini mulai menggeliat. Simo memiliki atmoster kemasyarkatan yang kekian di tahun 2017. Ya bisa saja ini hanya pandangan subjektif saya tetapi paling tidak ini lah yang saya rasakan. Mungkin bukan hanya tahun 2017 ini saja, tetapi saya pribadi di tahun ini terasa adanya integrasi antar Desa se Simo. Nah berikut ini yang hal - hal kekinian di Simo.

1. CFD

Car Free Day atau CFD adalah terobosan baru di Kecamatan Simo. Ya notabene hanya kecamatan tapi Simo memberanikan diri untuk menyelengaran event ala kota besar ini. Dengan menutup jalan di sektitar tugu macan pada minggu pagi dua minggu sekali kita dapat jalan - jalan atau berfoto ria bersama. CFD sudah diadakan sebanyak dua kali sejak bulan April lalu. Pada malam minggu sebelum CFD telah diadakan bazar yang menampilkan produk - produk UMKM se Simo. 

2. MRJ

Masjid Riyadlul Jannah. Masjid MRJ di Dk Ngeri Desa Teter ini mungkin dapat dikatakan sebagai masjid paling kekiian. Masjid ini benar - benar dikemas sesuai dengan situasi sosial sekarang ini. Sepanjang gang - gang masuk MRJ ada banyak baliho - baliho ajakan sholat berjamaah. Ajakanya pun menarik seperti kita sering lihat di meme terkini. Lebih menariknya lagi MRJ juga agenda perhelatan subuh berjamaah yang mengundang penceramah - penceramah kondang hingga artis. 

3. Tumpi ReadHouse

Tak perlu jauh - jauh ke kota kalau ingin baca buku. Tumpi Readhouse yang berada di Dukuh Karang Desa Pentur dapat memenuhi keinginan kamu yang membaca buku. Perpustakaan Tumpi yang sekarang sudah menjadi Yayasan Tumpi Indonesia ini benar - benar dapat dijadikan contoh. Berlokasi di Desa tetapi mampu menjangkau nasional bahkan luar negeri. Terlebih Tumpi juga sudah bolak balik masuk koran hingga televisi.

4. Ristansari

Ketika mendengar kata Ristansari mungkin menimbulkan penasaran, apakah dia? Ristansari sendiri adalah salah satu karang taruna di Desa Blagung, tepatnya di Dukuh Tanjung Sari RT 13. Ristansari dapat juga mewakili kegiatan pemuda yang up to date. Acara yang menarik adalah malam tirakatan yang modern dengan memunculkan potensi - potensi kepemudaan. Terlebih, acara dikemas ala kampus yaitu ada penampilan slide foto proker yang lain dari yang lain. Kegiatan - kegiatanya juga diupdate melalui blog dan sosial media secara rutin. Selain itu, ada segudang kegiatan yang diadakan secara rutin maupun stimulan baik dari Ristansari sendiri maupun bekerja sama dengan BEM Fakultas Pertanian UNS. Yang terbaru ada pementasan drama peringatan hari Kartini. 

5. Simo Sendiko

Simo juga punya komunitas yang keren lho, Simo Sendiko namanya. Komunitas ini berada di Perpus Kecamatan Simo yang dikenal dengan perpus Kubus Buku. Simo Sendiko berkolaborasi dengan berbagai kegiatan atau organisasi se Simo. Simo Sendiko siap membantu atau mengadakan suatu kegiatan. Kemaren yang terbaru ada acara nonton bersama dalam memperingati Hari Film Nasional sertentak sekitar 8 titik se Simo. Simo Sendiko sangat terbuka untuk siap merespon bahkan membantu berbagai kegiatan sosial. 

6. Surapanta

Rasanya memang Simo benar - benar lengkap, kalau mau refresing kita bisa datang ke taman terbuka di Dukuh Pantaran Desa Kedunglengkong namanya Surapanta. Sungai Rakyat Pantaran Tercinta begitu mereka mengatanya sebaga spot foto bagi kawula muda. Lokasi yang mudah di jangkau yakni dari Tugu Karangjati kearah barat sekitar setengah kilo kiri jalan. Ada tulisan "Surapanta" yang berada ditebing sungai menjadi spot foto yang spektakuler.

7. Kali Cemara

Berbicara soal sungai masih ada satu lagi ruang terbuka yang kekian banget untuk foto yaitu di Kali Cemara. Sungai yang berada di Dukuh Tanjung Sari RT 13 Desa Blagung Simo ini di makeover habis hingga menjadi taman yang mempesona. Di inisasi oleh Karang Taruna Ristansari sungai yang khas dengan Tanggul Belanda ini sekarang telah memiliki banyak spot yang menarik. Kamu bisa befoto di 2 gardu pandang, di depan tulisan "Kali Cemara", di gasebo, di tepi sungai, atau di lazybag. Akses menuju lokasi sangat mudah, yaitu di sebelah barat MIM Gebang atau Tugu Jam Ngeplang ada gang selatan jalan. Sudah ada plangnya kok dan kamu cukup bayar Rp.2.000 saja untuk parkir. Kali Cemara juga bisa dijadikan lokasi Camping juga lho kayak Camp to Cemara 2017 dan Baksos Camp SMK Bhakti Karya Simo.

8. LGM

Lembah Gunung Madu atau LGM dapat dikatakan sebagai salah satu lokasi paling bersejarah di Simo. Gua - gua di Gunung madu menjadi saksi bisunya. Selain itu, lokasi yang berbukit menjadi pesona yang indah di Simo. LGM memiliki cafe joglo yang siap menjakan kamu dan disana juga ada spot - spot foto dengan panorama alam mempesona. Tidak ada tiket masuk, cuma bayar parkir Rp. 2.000 per sepeda motor kamu bisa menikmati suasana indah disana. Lokasinya dari Tugu Jam Simo ke arah utara sekitar 15 saja kok. Berada di sekitaran Gunung Madu kanan jalan.

Sebenarnya masih ada banyak lagi yang kekinian dari Simo baik yang sudah ada ataupun sedang akan diangkat. Kalau terkait perpus ada pula Perpus Kubus Buku di Kemcaatan Simo, Kalau Karang Taruna ada Karang Taruna Perkab Desa Blagung dan KarTar Bhakti Mulia. Kalau wisata masih ada water boom Restu Wijaya. Sekali lagi ini hanya pandangan subjektif, nah bagaimana menurut kamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar