Ide Jenis - Jenis Lomba 17an

Acara perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sangat lekas dengan lomba - lomba. Pada mumentum ini sejumlah lomba disiapkan oleh panitia oleh sejumlah organisasi, karang taruna, dan masyarkat desa. Lomba yang khas adalah lomba makan kerupuk. Lomba ini pasti selalu ada entah dari mana datangnya tetapi memang sudah sangat membudaya. 

Lomba dapat disiapkan bukan hanya saja untuk anak - anak, tetapi juga orang dewasa biasaya ibu - ibu. Kalau dalam posting sebelumnya saja sudah punya sedikit gagasan yakni mau menyajikan lomba dengan latar belakang mencintai budaya khususnya kuliner seperti lomba menghias puli yang sedikit saya singung pada jajanan khas Boyolali, nah kali ini saya ada ada ide lomba yang inovatif untuk anak - anak. 

Ide lomba 17an sebenarnya banyak, dapat menggunakan model ATM dari acara outbond, kampus, dan kantor agar lomba lebih segar dan tidak monoton setiap tahunya. Akan tetapi jenis - jenis lomba berikut ini lebih saya sarankan karena bukan sekedar inovasi ide lomba tetapi juga bernuansa cinta budaya Indonesia.

Yak ide jenis lomba nya adalah "permainan anak tahun 90an". Permainan tradisional merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa. Permainan anak tahun 90an sekarang ini sudah ditinggalkan, padahal disisi lain permainan anak memiliki nilai tinggi bahkan dapat dijadikan sebagai wisata. 

Sebagai upaya pengenalan kembali permainan tradisional saya rasa melalui lomba 17an akan menjadi mumentum yang sangat tepat telebih subjeknya adalah anak-anak tahun 2000an yang mungkin saja sudah tidak lagi mengenal permainan tersebut.

Permainan tradsional apa sajakah yang bisa diangkat dalam lomba 17an

Gobak sodor, benthik, dok konang - kaning, engrang, engklek, dakon, klereng, delikan, lompat tali, senapan bambu, kapal daun bambu, mobil lempung, pathon, lempar genteng, lompat jari, keterampilan karet jari, ular tangga, yoyo kayu, ular naga.

Jenis permaina apapun sebenarnya dapat disajikan dalam acara 17an. Dari sekian banyak yang ada perlu dipilah berdasarkan durasi waktunya, jumlah hadiahnya, keamananya, dan pesertanya. Lomba dengan tim tentu akan memakan hadiah lebih banyak dari individu sehinga jumlah hadiah juga harus jadi perhitungan. Selain itu beberapa permainan yang berbahaya harus mendapatkan perhatian khusus seperti benthik.

Kamu terarik untuk melestarikan permainan tradisonal dan setuju dengan ide ini sebagai lomba 17an? Melestarikan kekayaan budaya dapat dimulai dari manapun termasuk hari kemerdekaan RI.

0 Response to "Ide Jenis - Jenis Lomba 17an"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar