17 Oktober 2016

Cara Membuat Pos Terkini Berdasar Label

Ada kalanya suatu blog dengan banyak label atau kategori penting ingin kita ekspose di halaman depan blog. Beberapa artikel dengan label tertentu akan tetap muncul karena beberapa alasan. Misal label tersebut yang lebih kita utamakan di blog kita, lebih kita ekspose, dan agar orang lain mengetahui lebih tentang artikel pada label tesebut.

Hal ini dimungkinkan pada suatu blog organisasi yang ingin menampilkan beberapa tabel sekaligus. Misal pada organisasi kemasyarkatan dengan banyak komponen dan fungsi agar manfaat blog organisasi dengan cepat di ketahui oleh pengguna atau masyarkat. Seperit dicontohkan pada template evo magz milik mas sugeng yang menampilkan pos terkini berdasarkan label.

Untuk blog dengan template bisa juga dapat menampilkan pos berdasarkan label di home page yakni dengan menggunakan Gadget Feed. Secara tampilan tentu saya berbeda yakni tidak ada gambarnya, akan tetapi secara esensi tetap sama. 

Berikut ini cara menampilkan pos berdasarkan label pada gadget yang muncul di halaman utama blog

1. Login ke Blogspot
2. Klik Tata Letak, setelah ini klik Add a Gadget
3. Pilih Gadget dengan nama Feed
4. Copy Paste kode berikut ini pada kotak Feed

http://agung-id.blogspot.com/feeds/posts/default/-/Blog%20tutorial

5. Ganti warna kuning dengan nama blog yang dikelola, dan ganti warna merah dengan nama label blog, lalu klik Lanjutkan. Setelah itu, tunggu beberapa saat, setelah muncul pos - pos pada label tersebut.
6. Ganti Judul Gadget sesuai judul Label misal Blog Tutorial, setelah itu klik Simpan

Keterangan

  • Jika Label blog hanya satu suku kata silahkan tulis secara langsung tanpa pemisah
  • Jika Label terdiri dari dua suku kata maka gunakan pemisah %20 contoh Label blog saya Blog%20tutorial
  • Huruf besar kecil antara label blog dengan yang ditulis harus sama, contoh punya saya huruf B pada Blog hurufnya besar, sedangkan huruf t pada tutorial hurufnya kecil
  • Termasuk jika hanya satu label pastikan huruf pertamanya besar atau kecil
  • Untuk memastikan huruf besar atau kecil silahkan klik salah satu Label blog lalu lihat URLnya
Demikian cara membuat pos terkin berdasarkan label pada beranda blog. Jumlah artikel muncul pada Feed bisa anda atur sesuai kebutuhan, tetapi maksimal hanya 5 pos. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar