Keceriaan Kelas Inspirasi Boyolali SD Ringinsari

Pada kesempatan Kelas Inspirasi 2016 ini SDN Ringinsar di kecamatan Ampel menjadi salah satu lokasi dari 9 SD lainya di 5 Kecamatan di Boyolali. SD Ringinsari dihadiri oleh sukarelawan Kelas Inspirasi Boyolali (KIBoy) yang teridiri dari panlok, fasilitator, dokumentator, dan inspirator dari berbagai kota – kota dan latar belakang yang berbeda beda. Atmosfir keceriaan pada hari inspirasi yaitu sabtu 10 September 2016 ini bisa membawa semangat siswa-siswi SD Ringinsari partipasipasi untuk menggapai mimpi setinggi gunung merapi.

kelas inspirasi boyolali sd ringinsari

KIB SD Ringinsari

Keceriaan KI di SD Ringinsari sangat terasa sejak kedatangan tim sukarelawan. Sambutan gembira dari anak2 dengan senyum tulusnya menyalami kami satu persatu. Breifing pagi dengan kepala sekolah guru pun dimulai jam 7 pagi untuk membahas hal teknis kegiatan dan perkenalan. Acara lebih meriah mulai dari sini, apel pagi bersama semua guru, siswa, staf, adik – adik, dan sukarelewan pun dimulai. Lagu Indonesia dinyanyikan dengan hikmat, dilanjutka dengan sambutan dari kepala sekolah dan sambutan dari perwakilan KI Bapak Aris Wibowo dari Bimas Boyolali. 

Maksud dan tujuan kedatangan sukarelawan pun dijelaskan, bahwa KI meghadirkan para profesinal yang akan menginspirasi dikelas. Diharapkan siswa – siswi dapat mengatahui beragam profesi dan pekerjaan yang ada dunia ini, bahwa ternyata ada jutaan yang bisa raih. Ucapan terimakasih atas kerjasama dengan pihak sekolah karena telah memberikan tempat, waktu, dan fasilitas yang luar biasa. Tidak lupa juga tentunya kepada sukarelawan baik inspirator (Tri Admoko, Aris Wibowo, Trias, Iis, Ranita, Maya, Aji, Agung), fasilitator (Ulfa, Anita, Ika, Sefty, Via) dokumentator (Jaya, Hamida) dan panlok (ermi) yang dikenalkan satu persatu bahwa “mereka tidak dibayar bukan karena tidak bernilai, tetapi karena mereka tidak ternilai”. 

Ice breaking sebelum masuk kelas bawakan oleh mbak Via dan diikuti oleh semua sukarelawan, adik – adik dan para guru dengan membuat 2 lingkaran besar. Gerak lagu tangan dan kaki pun dinyanyikan begitu meriah dan semakin bersemangat. Mbak Via juga menyampaikan “railah cita – cita mu setinggi gunung merapi” untuk mendaki gunung merapi maka harus punya bekal dulu yaitu semangat, pantang menyerah, dan bedo’a.

kelas inspirasi sd ringinsari boyolali


Kelas Inspirasi Ringinsari

Pembagian kelas untuk setiap inspirator telah ditentunkan sebelumnya yang dibagi menjadi dua sesi dari jam 08.00 sampai 09.30. Setiap inspirator mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan inspirasi profesi (pekerjaan) untuk dua kelas. Sedangkan sesi kedua setiap inspirator mendapatan satu kelas. 

Dengan penuh semangat setiap anak memperhatikan para inspirator didampingi oleh fasilitor dan dokumentator. Kegiatan yang berlangsung 35 menit ini pun mampu membawa animo anak – anak memahami pekerjaan setiap inspirator, selain itu juga memberikan pesan moral agar anak – anak nantinya menggapai cita – citanya setinggi langit. 

Ternyata tidak hanya profesi – profesi seperti polisi, tentara, dan dokter saja, beberapa anak pun menyampakan impian mereka diluar diguaan seperti apoteker, desainer, chef, dan lainya. Ini lah wujud impian anak - anak yang akan menjadi penerus negeri ini.

Penutupan KIB Ringinsari

Terik matahari yang bersinar terik pun tidak menghalangi penutupan KIBoy Ringinsari. Penutupan dari kepala sekolah dan dari Bapak Tri Admoko (Inspirator dari TNI) sekaku perwakilan dari KI. Keceriaan pada penutupan KIB dengan menari tari pinguin yang dibawakan oleh mbak Ulfa, lalu menyanyikan lagu OST laskar pelangi secara bersama – sama untuk lebih meningkatkan metovasi anak – anak meraih mimpi. 

Terimakasih yang tak terhingga untuk teman – teman Relawan dengan sepenuh hati mensuksekan KI yang tidak saya gambarkan satu persatu. Kalian semua luar biasa hanya dalam dua hari ini kita saling mengenal dan begitu terasa dekat. Kalian telah menjadi bagian yang tak terlupakan dalam hidup ini. Terlebih dengan persiapan acara, penjadwalan, membawakan cara, koordinasi, pin, dokumentasi, dan kenang – kenangan yang bisa teman – teman yang diwujudkan dalam waktu singkat. 

Kesuksesan kelas inpirasi Boyolali tidak lepas dari panita KIB pusat yang telah mempersiapkan KI beberapa bulan lalu, puncaknya dengan melakukan brefing pada tanggal 9 di Wisma Kresna (Dhopo Kromosurakartan) yang memberikan arahan dan tips – tips mengajar dan kegiatan refeleksi pada tanggal 10 sebagai penutupan KIBoy 2016. KI “satu hari cuti, menginspirasi selamanya”, KIBoy “merajut mimpi anak lereng merapi”.

Dokumentasi Kelas Inspirasi Boyolali

Mau lihat bukti foto keceriaan KI Boyolali, yuk lihat dibawah ini. Kalau foto- foto KIB Ringinsari juga bisa di download nhi.

0 Response to "Keceriaan Kelas Inspirasi Boyolali SD Ringinsari"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar