19 September 2016

Bagaimana Cara Menikmati Wisata Pantai

Agung Prasetyo

Mungkin pernah terdengar "buat apa kepantai, paling lihat air doank" atau pun kalimat - kalimat lainnya? Ya memang kalau dilihat secara sepintas memang pantai itu ya air dan pasir. Jika kamu masih berfikir demikian maka kamu harus baca nhi bagaimana cara menikmati pantai. Ternyata dipantai tidak hanya menawarkan ombak dan pemandangan lho. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan selama berwisata ke loka wisata yang murah dan ramai ini.


Menikmati pantai sepintas memang hanya melihat - lihat saja, itu yang saya rasakan pula saat pertama kali kepantai. Akan tetapi, persepsi saya berubah jika kita berwisata tidak hanya melihat tetapi ikut merasakan atau terlibat di dalamnya. Layaknya berwisata ke wahana, tentunya akan lebih menyenangkan dan berkesan jika kita ikut bermain di wahana - wahana yang ada bukan. 

Terlibat dalam berwisata dapat kita terapkan saat kita berwisata ke Pantai. Rasanya tidak lengkap jika kita tidak basah dan terkotori oleh pasir. Jika memang lokasi tersebut diperbolehkan maka kita dapat berenang, snorkling, dan naik kapal, paling tidak berbasah - basah di tepi pantai. Jika bisa merasakanya tentu akan berbeda jika hanya melihat - lihat saja. 

Beberapa waktu lalu, saya mencoba snorkling di salah satu pantai di Jogja. Murah saja dengan Rp. 25 rb untuk paket hemat dan Rp. 35 untuk paket komplit bisa langsung snorkling melihat - lihat ikan dan karang. Paket snorkling pun sudah cukup profesional mulai dari kacamata, alat pernafasan, pelampung, dan pemandu. Plus kalau paket komplit dapat foto - foto bareng ikan dech.

Tips wisata pantai

Sebelum kamu terjun ke air atau bermain pasir alangkah lebih baiknya memperhatikan beberapa persiapan agar bisa merasakan bermain dengan totalitas tanpa beban pikiran. Nah Berikut ini beberapa tips yang kamu harus persipakan sebelum menikmati pantai.


Fashion anjuran

Kalau soal gaya bebas lah ya, akan tetapi saya sarankan memperhatikan baju, celana, kacamata, topi, dan alas kaki

  • Baju atau kaos - Pastikan kamu pakai kaos oblong saja agar tidak sayang kalau rusak dan kena air, Celana - kamu bisa pakai celana pendek, kalau cewek boleh lah celana panjang tapi jangan jin, pakai saja celana kain, coz kalau jin nanti akan terasa berat kalau basah. 
  • Topi -  berguna agar tidak terkena matahari langsung, 
  • Kacamata - akan lebih nyaman lihat pantai saat panas, jadi tidak perlu capek mengernyitkan dahi.
  • Alas kaki - saya sarankan tidak perlu memakai alas kaki baik sepatu atau sandal, memakai sepatu atau sandal saat bermain dipantai hanya membawa kerepotan saja, karena harus diletakakn ditempat yang aman atau dijaga orang lain agar tidak hilang atau terbawa ombak

Fashion tidak dianjurkan

Menurut saya tidak perlu membawa jaket, sepatu, sandal, dan tas, karena barang - barang itu hanya akan merepotkan anda saat bermain. Lebih baik barang - barang tersebut tinggalkan di mobil atau dikendaraan. Kalau ada barang yang sangat berharga boleh lah dibawa tapi sedikit saja.

Makanan dan Perlatan

Akan lebih menyenangkan kalau bisa duduk - duduk sambil makan di tepi pantai. Nah kamu perlu membawa makanan baik cemilan atau makan besar, jangan lupa air minum juga ya. Selain itu bawalah tikar agar bisa duduk bersama teman atau keluarga. Sebanarnya sudah ada banyak penjual makanan dan minuman yang relatif murah di pantai akan tetapi tidak ada salahnya jika membawa sendiri. Di tepi - tepi pantai juga sudah banyak payung dan gasebo yang ada tikarnya yang bisa kamu sewa. Harga sewanya murah banget hanya Rp. 3.000 saja. Inget harus bayar lo ya. Itu disediakan untuk disewakan bukan gratisan.

Waktu

Pilihlah waktu pagi hari atau setelah jam 2 siang. Alasanya adalah, kalau pagi atau menjelang sore udara tidak terlalu panas, sehingga bisa berlama - lama dipantai. Hal ini berlaku bagi kamu yang mau jalan - jalan dipantai atau duduk di tepi pantai.

Sedangkan buat kamu yang ingin berenang atau snorkling jangan datang ke pantai terlalu sore, menurut yang punya snorkling kalau sore airnya sudah surut begitu. Waktu itu saya nyoba sekitar jam setengah 1, udara lagi panas2nya, eh ternyata setelah masuk ke air ternyata tidak panas kok karena air lautnya dingin.

Baju Ganti

Jika kamu ingin bermain air pastikan kamu pakai baju ganti seperti celana, celana dalam, dan baju. Kalau gak bawa baju ganti tentunya membuat kita enggan main air dan kalau basah gak ada gantinya kan repot.

Perlatan Mandi

Habis nyebur air pastinya bikin badan lengket, nah pastikan bawa peralatan mandi seperti sabun dan sampo. Wajib banget dech, Selain itu pastikan juga membawa handuk ya. Kalau harus beli handuk kan sayang.

Patuhi aturan

Inget "dimana pantai kita injak disitu langit kita lihat". Pergi ke pantai bukan tempat kita dan lokasi tersebut merupakan fasilitas umum, jadi harus mematahui berbagai aturan yang ada disana. Misal buanglah sampah pada tempatnya, jaga kebersihan laut, bayarlah tiket dan penyewaan yang ada, serta patuhi peraturan yang ada.

Dengan menjaga kebersihkan berarti kita menjaga keindahan pantai dan ekosistem laut. Membayar tiket masuk berarti kita telah menjadi salah satu sumber pendapatan negara. Terdapat jasa parkir untuk keamanan kendaraan yang harus kita bayarkan. Jika ada berbagai penyewaan silahkan dibayar baik penyawaan tempat foto, gasebo, tikar, atau masuk ke lokasi tertentu misal bukit dekat pantai. Jika memang tidak boleh bereanang maka lebih baik cukup ditepi pantai saja.  Semua peraturan yang ada tidak lain dan tidak bukan juga demi keselamatan pengunjung pantai termasuk kamu. 

Kenapa kita perlu tahu bagaiamana cara menikmati wisata di pantai, karena agar kita totalitas merasakan kesengan saat berkunjugn ke pantai, coz jarang banget bukan kita ke pantai, jadi sayang kalau gak dimaksimalkan. Terlebih selagi masih muda bukan. Yuk nikmati pantai dan ikuti tips - tipsnya. Sayangkan kalau datang kepantai cuma duduk doank.

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar