02 Juni 2016

Contoh Teks Napak Tilas Kemerdekaan

Teks Napak Tilas kemerdekaan RI ke 71 ini siapkan dalam mempersipkan acara 17an yang akan diadakan di dukuh saya. Entah nanti terpakai atau tidak paling tidak sudah ada reg-rengan yang membantu pemikiran dan gagasan sebagai materi. Tema pada napak tilas ini adalah  "Sejarahmu Indoneisa Kini"


Pembukaan

Selamat Malam
Assalamualilaikum wr. wb.

Pantun
Jalan - jalan ke kabupaten Boyolali
Tak lupa mampir membeli susu

Mari kobarkan semangat NKRI
Demi Indonesia yang maju

atau

Secarik kertas berutlis pesan,
Untuk menjalin persaudaraan,

Demi rakyat engkau berkorban,
tanpa mengharap suatu balasan

Muqodimah

Pujisyukur atas kehadirat Allah SWT, atas karunianya dan kehendaknya kita memiliki Bangsa Indonesia.

Tidak lupa sholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai uswatun khasanah bagi kita semua sehingga kita yang telah memerdekakan bangsanya seperti halya para pahlawan kita.

Materi Napa Tilas

Pada malam ini saya diberikan kesempatan oleh panitia untuk menyampaikan acara yang dikemas dalam Napak Tilas dalam rangka hari kemerdekaan Indonesia ke 71.

Secara epistomologi Napak Tilas berasal dari dua kata. Napak artinya Jejak, Tilas artinya Bekas, jadi napak tilas adalah menggali jejak sejarah, sejarah apa? sejarah Bangsa Ini. Akan tetapi kenapa kita perlu menegok kebelakang, apa artinya sejarah, seberapa pentingkah sejarah itu, sehingga setiap tahun kita perlu melakukan napak tilas? bahkan Bung Karno pernah mengatakan "Jas merah" yang bermakna "jangan lupakan" sejarah.

Penekanan yang sangat kuat kenapa kita harus mengetahui sejarah ini patut kita renungkan. Sejarah bangsa ini menjadi nama Indonesia merupakan momentum yang sangat penting bagimana pendahulu dan pahlawan - pahlawan kita bisa menggagas dari bentangan Nusantara menjadi sebuah bangsa. Kita tidak disini tidak hanya sekedar memandang perjuangan secara fisiknya saja, tetapi bagaimana mereka diwaktu itu menginisiasi berdirinya sebuah negara dibawah cengkaraman penguasa Hindia Belanda.

Dengan eksekusi yang begitu konsisten mereka memerdekakan mencetuskan NKRI. Ratusan bahkan jutaan pahlawan kita pasang badan demi kita disini.

Jendral Soedirman dengan tandunya, Ahmad Yani dengan, Gatot Soebroto dengan

Lebih jauh lagi sebelum itu, Nama Indoneisa dicetuskan pada sumpah pemuda

(materi lain bisa ditambahkan)


Inilah pentingnya kenapa kita harus napak tilas malam ini karena "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya".

Mengutip dari salah seorang filsuf "Engkaulah gagasan, sisanya hanyalah tulang dan daging". Begitu pula bangsa ini, yang tidak akan lahir tanpa gagasan.

Dari sini kita harus berkaca sejarah, sudahkan kita memiliki gagasan sehebat para pahlawan kita? waktu demi waktu berlalu, gempuran - gempuran dari aspek ekonomi, moral, budaya, pola pikir, bahkan ideologi kita telah terjajah kembali. Mereka melenggang dengan santainya mengerogogi kita.

Tidak malukah kita jika kita hanya sekedar megurusi perut tanpa memikirkan Ibu Pertiwi. Ingatlah bahwa "siapa yang memikirkan Indonesia, bukan mereka yang disana, tapi tugas kita". disini karena "masa depan bukan lah suatau kita tunggu, melainkan sesuatu yang kita ciptakan". 
Penutupan
Bagi saya 'hari ini lebih bai dari esuk' bukanlah himbaun, tetapi prinsip. Itu artinya kita akan mempersembahkan yang lebih baik lagi dari hari ini.

Jika Generasi muda kita memiliki hajat sehebat ini, kira - kira apa yang akan terjadi dalam 5 tahun ke depan? dengan prinsip ini.

Menurut saya, kegiatan malam bukan hanya apa yang kita lihat, tetapi sebuah implikasi dan prestasi yang luar biasa yang belum pernah terjadi sebelumnya. Selamat 'kalian anak muda, jika kalian hanya terdiam dan berpangku tangan, maka akan dilupakan oleh sejarah'

Demikian yang dapat saya sampaikan, mari kita tatap masa depan bangsa ini, coba tanyakan pada diri kita sendiri, dimanakah peran kita sekarang? Selamat hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71.

Akhir kata "Tiada manusia yang sempurna, sayalah bukti nyatanya"

Assalamuailkum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar