30 April 2016

Berapa Statistik Jumlah Blogger di Indonesia

Hari ini saya berusaha mencari statistik berapa sih jumlah Blogger (pemilik blog) di Indonesia terbaru terutama tahun 2015. Data yang saya cari terutama data resmi (official) karena akan saya gunakan untuk untuk data referensi. Akan tetapi setelah googling baik dengan keyword bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris ternyata tidak nemu yang benar - benar pas. Akhirnya hanya menemukan data dari Majalah Tempo yang saya akses di Tempo.co.
Statistik jumah blogger di Indonesia 2015

Jumlah Blogger di Indonesia terbaru

Statistik Blogger terbaru yang saya temukan dari web Tempo dengan judul artikel Jumlah Blogger di Indonesia mencapai 5 Juta orang. Tempo.co menyebutkan bahwa jumlah blogger di Indonesia meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data statistik dari ASEAN Blogger yang dikutip oleh Tempo 2013 menyebutkan bahwa pada tahun 2008 terdapat 500 ribu blogger aktif, sedangkan pada tahun 2011 jumlahnya mencapai 5 juta blogger atau 10 kali lipat lebih besar pada tahun 2008.

Selain itu, berdasarkan berita di AntaraNews.com (2015) menyebutkan jumlah blogger Indonesia mencapai 3,5% dari 88,1 juta pengguna internet. Hal ini diungkapkan oleh Matahari Timoer selaku blogger senior sekaligus ketua panitia Blogger Camp 2015 di Jakarta dalam rangka menyambut Hari Blogger Nasional pada 27 Oktober. Dapat disimpulkan blogger tanah air menagalami penurunan karena hanya berjumlah 3 juta blogger di tahun 2015. 
  • Tahun 2008: 500.000 (500 ribu) Blogger aktif
  • Tahun 2011: 5.000.000 (5 juta) Blogger aktif
  • Tahun 2015: 3.000.000 (3 juta) Blogger aktif
  • Tahun 2016: Tidak tersedia

Penyebab Blogger Indonesia Meningkat

Masih mengutip dari Tempo, Peningkatan blogger di Indonesia pada beberapa tahun terakhir dikarenakan beberapa hal yaitu:
  1. Blog semakin mudah digunakan karena tersedia dalam bahasa Indonesia
  2. ASkses internet yang semakin cepat dan murah
  3. Munculnya komunitas blogger di daerah – daerah. 
Diluar 3 faktor diatas saya rasa masih ada peyebab lain seperti meningkatnya jumlah pengguna smartphone; pengguna internet; harga komputer, laptop, dan semartphone yang terjangkau; ebook dan tutorial yang banyak tersedia di blog dan youtube; trend menacari uang di internet; meningkatnya jumlah sosial media yang memperkenalkan blog; dan kecenderungan lebih suka menyimpan catatan di Internet dari pada di kertas. 

Jika teman - teman punya keterangan statistik lain seputar statistik jumlah blogger di Indonesia terbaru dan kalau punya alasan lain penyebab meningkatnya blogger di Indonesia silahkan tinggalkan komentar karena sangat dibutuhkan.

Sumber: 

  • https://m.tempo.co/read/news/2013/05/10/072479357/jumlah-blogger-di-indonesia-capai-5-juta-orang
  • http://www.antaranews.com/berita/525043/jumlah-blogger-35-dari-881-juta-pengguna-internet

3 komentar:

  1. Mudah-mudahan jumlah blogger Indonesia semakin bertambah banyak dan menghasilkan karya sumber informasi yang bermanfaat untuk anak bangsa. Mari jadikan Indonesia sebagai pusat dan sumber informasi dunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terjadi penurunan jumlah blogger dalam Negeri, tahun 2011 menurut Tempo sebanyak 5 jt menjadi 3 jt menurut AntaraNews. Walau demikian jumlah blog yang berkualitas tentunya akan menjadi pusat informasi yang lebih bermanfaat

      Hapus
  2. Sedikit ternyata. Padahal dengan jumlah penduduk yang mencapai 250 juta orang lebih seharusnya jumlahnya bisa lebih banyak.

    Amerika dengan penduduk 300 juta jiwa memiliki kurang lebih 30 juta blogger. Yang kira-kira 10% dari jumlah penduduk.

    Sayang sekali padahal rasanya kalau blogger lebih banyak, penyebaran informasi dan pengetahuan bisa lebih meluas lagi.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar