Proposal Penjepit Buku Buku Sederhana

Beberapa bulan lalu saya merancang proposal "Penjempit buku sederhana" ini. Proposal ini timbul dari pemikiran saya tentang perlunya sebuah alat untuk menjepit buka yan akan membantu kita dalam menulis ulang atau merangkum sebuah buku. 

A. LATAR BELAKANG

Buku merupakan salah satu media penting dalam proses belajar, karena buku merupakan sumber ilmu pengetahuan, termasuk buku cetak, buku cetak mempunyai sejumlah kelebihan dan kekurangan, salah satu kekurangan dari buku cetak adalah sebagian bukunya berukuran tebal, ketebalan buku ini menjadi hambatan bagi para pembaca karena mereka harus memegang buku tersebut dalam waktu yang relatif lama, hal ini dapat menyebabkan buku tersebut menjadi kotor dan basah karena keringat yang menempel pada buku tersebut. Kesulitan lain terjadi saat membaca dan mengetik, buku tersebut akan meunutup dengan sendirinya saat tidak dipegang, sehingga mereka harus membuka kembali atau menahan buku tersebut dengan media lain yang dapat menyebabkan buku tersebut cepat rusak. Dari hal ini lah muncul gagasan adanya sebuah alat yang mampu menahan atau menjepit buku tersebut agar pembaca terutama orang yang sedang mengetik tidak mengalami kesulitan. Maka “Penjepit Buku” ini lah salah satu solusi yang tepat untuk memenuhi permintaan tersebut. Berangkat dari latar belalakng ini saya (atas nama pribadi) ingin bekerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu untuk merealisasikan alat ini agar dapat memberikan manfaat kepada pembaca dan membantu masyarakat secara umum untuk dapat lebih nyaman dalam membaca dan mengetik buku. Ucapan terima kasih kepada perusahaan Bapak/Ibu karena telah memberikan kesempatan kepada saya untuk dapat mengirimkan proposal ini, dan besar harapan saya agar terjalin kerja sama melalui proposal ini.

B. TUJUAN PROPOSAL

Proposal ini saya ajukan kepada perusahaan Bapak/Ibu untuk mewujudkan produk inovasi ini agar dapat dipakai oleh masyarakat. berikut beberapa tujuan dari proposal ini sebagai bahan pertimbangan:

1. Menawarkan produk inovasi “Penjepit Buku” kepada perusahaan Bapak/Ibu untuk dapat mempertimbangkan dan menerima produk ini agar terjalin kerja sama antara saya (.........) dengan perusahaan Bapak/Ibu.

2. Isi perjanjian kerjasama yang saya tawarkan disini adalah saya akan menjual inovasi saya kepada perusahaan Bapak/Ibu dan nantinya kepemilikan produk setelah perusahaan Bapak/Ibu membeli inovasi saya ini sepenuhnya menjadi miliik perusahaan Bapak/Ibu. Nilai harga jual untuk “Penjepit Buku” ini senilai Rp..……..

3. Apabila perusahaan Bapak/Ibu menghendaki kerjasama dalam bentuk lain maka saya dengan senang hati akan mempertimbangkanya.

C. KELEBIHAN DAN PEMANFAATAN PRODUK

Prodik ini secara umum disedikan bagi mereka yang ingin membaca dan mengetik buku dan juga beberapa pengguna yang lebih spesifik sebagai berikut:
  1. Pembaca buku seperti pelajar, mahasiswa dan orang umum.
  2. Pengetikan.
  3. Perpustakaan.
  4. Instansi seperti kantor surat kabar, lembaga penelitian, dan lain-lain.

D. MODEL DASAR PRODUK

Produk yang saya tawarkan ini merupakan produk yang sangat sederhana akan tetapi mempunyai fungsi yang cukup penting dalam hal membaca dan mengetik buku, desain di bawah ini dibentuk agar buku dapat benar-banar terbuka dan tidak menutup kembali saat sedang dijepit.
clip_image005
[gambar penjepit buku]

E. CARA PEMAKAIAN PRODUK

Berikut ini langkah-langkah cara memakai penjepit buku:
  1. Siapkan penjepit buku baik dalam posisi terlentang (pada produk dasar) atau berdiri pada produk yang sudah dikembangkan.
  2. Buka buku pada halaman yang diinginkan kemudian jepit buku sisi buku satu persatu.
  3. Buku siap anda baca dan anda dapat melakukan dua langkah diatas setiap membuka halaman baru.
[contoh pemakaian “penjepit buku”]
[contoh pemakaian “penjepit buku”]

F. KOMPOSISI BAHAN-BAHAN

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan produk ini hanya teridri dari dua bahan utama yaitu penjepit dan besi atau kawat.

1. Penjepit

Fungsi penjepit ini digunakan untuk menjepit buku dengan penjelasan sebagai berikut:
clip_image011
[gambar penjepit]

a. Penjepit buku yang digunakan adalah penjepit sederhana dengan jumlah dua buah pada sisi kiri dan kanan.

b. Pengatur jarak penjepit, penjepit didesain bisa bergerak ke arah kanan dan kiri agar dapat menyesuaikan lebar kecilnya buku.

c. Ukuran penjepit, ukuran penjepit di desian agak lebar (pada mulut penjepit) karena buku yang akan dijepit lebih diperuntukan pada buku yang berhalaman tebal.

d. Untuk prototype yang dipakai disini memakai penjepit baju dengan ukuran panjang: 5,5 cm dan lebar: 2 cm.

2. Besi atau kawat

clip_image019
[gambar besi/kawat penahan buku]

a. Besi atau kawat ini di desain untuk menahan buku pada bagian bawah agar buku tidak menutup kembali saat sedang dibuka dengan ukuran panjang 30 cm, lebar total 15 cm, derajat kemiringanya 70 derajat dan diameter kawat 2,5 mm. ukuran tersebut dapat disesuaikan dengan ukuran buku yang akan dijepit.

b. Bentuk dari besi atau kawat ini dibuat persegi panjang agar dapat menjangkau seluruh bagian bawah buku.

G. PENGEMABANGAN PRODUK

Produk diatas merupakan prototype utama dari alat ini, sehingga sangat dimungkinkan adanya pengembangan baik dari dari komposisi bahan maupun fungsinya yang disesuikan dengan keinginan pasar, pengembangan produk ini merupakan anjuran yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan Bapak/Ibu.

1. Model komposisi bahan

a. Penjepit, penjepit dapat dimodifikasi seperti menambahkan karet seperti pada bagian mulut penjepit agar buku tidak cepat rusak karena tertekan dan pada tuasnya agar nyaman bagi tangan. Modifikasi juga dapat dilakukan dengan mengganti jenis penjepitnya, seperti gambar dibawah ini.

b. Besi atau kawat
  1. Besi atau kawat dapat dilipat kebawah agar lebih ringkas untuk dibawa saat bepergian.
  2. Mengganti kawat atau besi dengan bahan lain seperti kayu atau plastik dan kemudian dapat diberi gambar agar menarik perhatian para konsumen.

clip_image023

2. Menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Pada bidang kebutuhan atau pekerjaan yang berbeda konsumen akan menginginkan produk dengan kenyamanan yang berbeda pula, secara umum untuk desain bagi para pembaca hampir sama, akan tetapi untuk bidang pengetikan akan membutuhkan posisi buku yang berbeda.

a. Menambahkan dudukan (kaki) pada bagian bawah dengan panjang 12 cm, agar buku dapat berdiri lurus atau miring, sehingga pembaca dan pengetik dapat dengan mudah melihat buku saat mengetik dan membaca.
clip_image026

clip_image028
[Posisi berdiri dengan penyangga]

b. Posisi penjepit ini dapat dipasang dibagian bawah atau atas buku, menyesuaikan dengan keseimbangan dan kebutuhan pada buku tersebut.

H. PENUTUP

Dengan ditemukanya produk ini diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada pembaca dan masyrakat secara umum. Produk ini merupkan karya murni hasil dari imajinasi saya dan sejauh ini saya belum menemukan produk yang serupa. Harapan saya melaui proposal kerjasama ini perusahaan Bapak/Ibu dapat menjalin kerjasama dengan saya serta dapat memproduksi dalam jumlah yang besar dan pada akhirnya diharapakan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan Bapak/Ibu.

Terimakasih atas kerjasamanya

0 Response to "Proposal Penjepit Buku Buku Sederhana"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar