GRATIS Panduan ECourse Cara Membuat Landing Page 2023 bersama Agungnesia Klik Disini

Membuat Powerbank Murah Tanpa Charge

Anda ingin memiliki powerbank murah tanpa charge portable? Pasti iya kan? power bank seperti ini pasti sangat anda inginkan bukan? Tanpa charge, portable, bisa dibawa kemana saja, ringan, harganya sangat-sangat murah dibandingkan dengan powerbank dipasaran sehingga anda bisa mencharge hp/tablet/smartphone dll saat anda diperjalanan dan bisa dipakai kapanpun. Nah berikut ini solusinya. Yaitu mari kita buat sendiri powerbanknya.

Siapkan alat dan bahan

1. Senter pompa
Senter pompa merupakan senter yang dapat menyala sendiri tanpa harus dicharge, karena dia memiliki generator sendiri untuk menghasikan listrik dengan cara kerja cukup dipompa saja. Harganya pun sangat murah berkisar antara Rp. 9.000-17.000. nah kita akan menjadikan senterpompa ini untuk generator/sumber energi powerbank kita.

2. Kabel charge
Carilah kabel charge yang sesuai dengan hape anda, kalau anda tidak punya lebih baik anda beli charge baru dan potong kabelnya, karena kalau pakai charge ori eman-eman. Fungsi kabel ini untuk mencharge hape and

Praktek perakitan

  1. Sekarang bongkar pelan senter pompanya, setelah itu carilah kabel yang menuju lampu dan potong kabelnya. Kabel yang kearah lampu akan kita sambung dengan kabel charge
  2. Ambil kabel charge yang sudah anda potong tadi, kalau belum ya dipotong dulu. Lalu smabungkan kabel tersebut dengan kabel yang menuju lampu di senter pompa tadi
  3. Isolasi kabel sambunganya ya
  4. Tutup kembali senter pompa anda.
  5. nah sekarang sudah jadi dech powerbank yang super komplit ini.
  6. Untuk memastikan anda berhasil merakitnya atau tidak cukup dengan mencolokkan kabel charge anda dan memompa powerbank rakitan anda. Jika batre terisi maka anda berhasil "selamat", jika tidak maka priksa sambungan kabel antara pompa listrik ke kabel charge anda.
Setelah saya sampaikan kelebihan dan cara merakit powerbank ini maka sepantas juga saya sampaikan kendala dan kekuranya. Biar anda lebih jelas oke.

Kekurangan dan kendala

  1. Sebenarnya powerbank ini lebih tepatnya dinamakan charger portable, karena lebih cenderung mencharge dari pada menyimpan listrik, ya walau memang bisa buat nyimpen listrik sih, tapi cuma bentar hehe. berhubung sekarang lagi tren powerbank jadi saya kasih nama "powerbank portable" karena bisa buat andalan kan saat hape kehabisan batre.
  2. Mungkin tangan anda akan capek, karena anda harus pompa terus untuk menghasilkan listrik, tpi kembali lagi saat anda diperjalanan dan emergensi pasti butuh bangetkan, jadi gak apa dech mompa dikit.
  3. Dalam merakit, anda harus bisa membedakan antara kutup positif dan negatif kabel di senter pompa dan kabel charge. Usahakan tidak terbalik. Kalau terbalik mungkin saat dicharge tidak masuk.
  4. Ada tombol on dan off di senter pompa, jadi jangan lupa di on ya saat charge.
Oke sementara itu dulu ya. Artikel ini hanya bersifat membantu saja. Dan memang masih ada banyak kekurangan yang belum sepenuhnya disampaikan.

Selamat mencoba ya dan tulis komentar kamu dibawah ini.

4 komentar untuk "Membuat Powerbank Murah Tanpa Charge"

  1. Artikel yg bagus mas, boleh minta emailnya? Trmksh

    BalasHapus
  2. bisa buat tutor videonya gak,biar gampang dimengerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih masukanya. Klu kami sempat bikin, akan kami kabari

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar