GRATIS Panduan ECourse Cara Membuat Landing Page 2023 bersama Agungnesia Klik Disini

Makalah Pendirian Usaha Isi Ulang Galon


A. PENDAHULUAN

Di era global sekarang ini banyak sekali banyak sekali peluang yang ditawarkan karena semakin meningkatnya kebutuhan manusia, terlebih teknologi sekarang ini yang berkembang pesat juga akan semakin mendorong peningkatan tersebut. Bisnis adalah salah satu upaya dalam pemenuhan kebutuhan manusia, di era modern ini peluang yang ada dan ditawarkan semakin banyak, sebagai seorang pelaku bisnis kita harus jeli dalam melihat peluang usaha yang prospective yang tidak hanya berorentasi pada uang tetapi pada peluang yang jauh lebih besar. Terkait dengan hal itu maka bidang usaha apakah yang paling berpotensi. Secara garis besar memang semua bidang usaha memiliki potensi dan market tersendiri akan tetapi lebih baik lagi apabila bidang usaha yang akan kita lakukan tersebut merupakan kebutuhan bukan konsumen dan bukan hanya sekedar keinginan saja. Seperti halnya kebutuhan pokok utama manusia yaitu sandang, papan dan pangan. Sekarang ini kebutuhan pokok manusia sudah meningkat yang tadinya kebutuhan sekunder sekarang menjadi primer, yang tadinya tersier sekarang sudah menjadi sekunder. 

Seperti itulah peluang yang harus jeli untuk kita lihat. Salah satu peluang terbaik dalam mendirikan usaha adalah usaha yang tidak mengenal musim dan mudah hilang dalam benak masyarkat atau usaha yang bersifat temporal. Karena dengan tidak mengenal musim dan merupakan kebutuhan pokok maka pada saat kondisi apapun produk yang kita siapkan akan selalu dipakai terus tanpa henti. Salah satu yang akan saya kupas dalam makalah ini adalah bidang usaha Isi Ulang Air Minum atau Galon. Bidang usaha ini terlihat memang sederhana, barang yang dijual hanyalah air minum, akan tetapi sekarang ini hampir setiap rumah membutuhkan isi ulang tersebut dan seperti yang saya jelaskan diatas bisnis ini merupakan kebutuhan pokok dan tidak mengenal musim, jadi layak untuk dijadikan salah satu bidang usaha yang prospective.

B. PEMBAHASAN

Air merupakan komponen penting yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. seiring dengan perkembang teknologi dalam memenuhi kebutuhan air minum bagi masyarakat banyak muncul berbagai alat yang praktis dalam pengolahan air minum yang bersih, praktis dan higienis. Melihat peluang bidang usaha yang satu ini maka layaklah untuk kita bahas mengenai bagaimana cara mendirikan usaha tersebut dan cara mengelolanya.

1. Pendirian Bisnis isi ulang air minum

Dalam pendirian ada dua hal utama yang harus kita perhatikan yaitu produk dan pemasaran. Dua komponen tadi merupakan inti dari segala bisnis termasuk bisnis isi ulang air minum. Pertama kita akan membicarakan dulu tentang produk terlebih dahulu.

a. Produk

Produk disini tentu saja adalah proses produksi air minum yang bersih, higienis dan layak konsumsi. Syarat utama air besih ada tiga yaitu tidak berasa, tidak berbau dan tidak berwarna atau bening. Kemudian setelah itu kita melihat cara memproduksi air ini. Produksi air gallon tidak dimasak dengan kompor, akan tetapi melalui alat penyaringan yang berfungsi untuk menyaring air dan membunuh bakteri yang ada sehingga air tersebut bisa diminum. Prosesnya adalah air mentah baik air tanah atau air dari PAM yang bersih, kemudian diproses pada alat penyaring ini melalui beberapa tahap, kemudian akan menghasilkan air siap minum yang ditampung pada galon-galon yang kita siapkan. Secara garis besar itulah cara memproduksi air minum ini. Dan mesin penyaring yang dipakai sekarang ini banyak tersedia di pasaran dengan harga yang bervariasi mulai dari harga 11 juta hingga 20 juta untuk sekala sedang.

b. Pemasaran

Tidak cukup dengan kualitas yang bagus kita butuh suatu starategi pemasaran dalam memasarkan produk kita. Karena pemasaran produk merupakan ujung tombak dari jalanya suatu usaha. Strategi pemasaranya antara lain sebagai berikut:

1. Dalam memarkan produk galon ini kita harus memiliki tempat produksi yang atau tempat usaha yang strategis agar dapat dilihat oleh konsumen, karena biasanya proses produksi dapat dilihat langsung oleh konsumen. Lokasi yang strategis disini artinya tempat usaha kita dekat dengan konsumen, misalkan dekat dengan perumahan, kos-kosan, pabrik dan kantor. Karena meraka itulah target pasar produk ini.

2. Pengenalan produk, cara pengenalan produk dapat melalui tempat usaha kita yang berada di tepi jalan sehingga dapat dilihat orang, dapat juga melalui brosur yang kita sebar atau diberikan kepada calon konsumen. Pengenalan produk juga dapat dilakukan dengan melalukan lobi dan kerjasama kepada calon konsumen seperti perusahaan dan rumah tangga sehingga mereka akan menjadi pelanggan tetap kita.

3. Pelayanan, pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan kepada konsumen. Pertama yang dapat dilakukan adalah pelayanan dari karyawan kita yang telah kita didik untuk bersikap ramah, sopan dan bekerja secara sungguh kepada konsumen, kedua dengan sistem jemput bola, konsumen tidak perlu lagi repot-repot datang ke tempat usaha tersebut akan tetapi dari kitalah yang mengirimkan galon tersebut serta melalui delivery order.

4. Jam kerja, usahakan kita selalu ada untuk konsumen, karena seringkali saat kita buka di siang hari disitu pula konsumen sibuk, sehingga kurang ada integrasi dari keduanya. Oleh karena itu peluang terbaik adalah menyediakan waktu yang sesuai bagi konsumen karena memang pada dasarnya kita melayani konsumen. Bila perlu pada waktu hari libur kita tetap buka, itu akan lebih baik lagi.

5. Harga, harga yang kita tawarkan kepada konsumen haruslah harga barang yang sesuai tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal. Kalau kita lihat dalam produksi air minum galon konsumen dapat memilih harga yang sesuai karena kita menyediakan harga yang bervariasi sesuai dengan kualitas air minumnya. Serta kita juga harus mempertimbangkan pesaing yang ada agar kita mampu juga bersaing.

C. KESIMPULAN

Dalam mendirikan usaha memang tidaklah mudah bahkan akan lebih sulit lagi maintain, diperlukan manajemen, pengelolaan dan pengembagan yang sesuai agar bisnis yang kita dirikan mampu bersaing dan mendapatkan tempat dihati para konsumen. Bisnis isi ulang air minum ini hanyalah salah satu dari banyak bidang usaha yang lainya. Alasan utama pemilihan dan tujuan dari penjabaran bisnis ini adalah karena penulis melihat potensi dan peluang yang ada dalam masyarakat. Sehingga layaklah apabila bisnis ini menjadi salah satu referensi bisnis yang prospective. Kita tahu bahwa semuanya tidak semudah apa yang penulis jelaskan diatas. Penjelasan diatas hanyalah garis besar dari usaha ini. Oleh karena itu jika hendak benar-benar ingin mendirikan usaha tersebut perlu lebih mendalami lagi seluk beluk yang lebih mendetail dari usaha ini.

Posting Komentar untuk "Makalah Pendirian Usaha Isi Ulang Galon"