GRATIS Panduan ECourse Cara Membuat Landing Page 2023 bersama Agungnesia Klik Disini

Cara Membuat BBM dari Limbah Plastik

Limbah plastik dapat diolah juga menjadi minyak atau BBM dengan berbagai tingkat mulai dari setingkat minyak tanah hingga setingkat dengan premium. kalau kita lihat secara kasat mata memang plastik dapat terbakar sendiri seperti minyak tanah saat dia terbakar plastik dapat meleleh dan habis oleh pembakaran tersebut. kalau dilihat dari segi bahan dasar pembuat plastik sendiri memang plastik memiliki unsur yang hampir sama dengan BBM sehingga plastikpun dapat dijadikan sebagai BBM. 

Manfaat dan Keuntungan Pembuatan BBM
Melali pengolahan plastik ini kita akan mendapatkan dua keuntungan yaitu mengurangi pencermaran plastik, karena seperti yang kita ketahui bahan anorganik ini sulit teruarai oleh tanah dan membutuhkan waktu 200 tahun untuk dapat terurai. manfaat kedua adalah BBM itu sendiri yaitu untuk menghemat BBM dan berkontribusi dalam penyediayaan BBM terutama minyak tanah dan tentu saja dari hasil olahan ini dapat memberikan keuntungan ekonomi bagi anda yang menajalankanya.
sekerang kital lihat cara membuat BBM dari plastik ini.

Cara Pembuatan BBM
Mari kita lihat cara pembuatan BBM ini mulai dari pemilihan bahan baku, proses pembuatan, jenis alat yang dipakai dan hasil produksinya.

Pemilihan Bahan Baku
Pada pembuatan BBM dari bahan plastik ini anda memerlukan bahan bakunya yaitu plastik itu sendiri, plastik yang dapat dipakai dalam pengolahan ini adalah semua jenis plastik karena tujuan utamanya hanyalah menghasilakan BBM minimal untuk minyak tanah jadi tidak masalah kalau semua jenis plastik. akan tetapi memang plastik-plastik tersebut memiliki kualitas dan jumlah hasil yang berbeda untuk limbah dari plastik embar memiliki kandungan minyak lebih banyak dari plastik lainya.

gambar: limbah plastik

Cara Pembuatan BBM
Pembuatan BBM ini terbilang sangat sederhana, yaitu hanya melalui proses destilasi, caranya adalah sebagai berikut: 
Pertama siapkan alat pembakaranya
kedua masukan bahan-bahan tersebut kedalam alat pemakaran
ketiga tunggulah hingga plastik tersebut menguap dan uap plastik tersebut akan mengalir melalui pipa besi dan masuk kedalam penampung minyak yang anda siapkan.proses pembakaran ini tergantung besar api yang anda pakai kalau api ukuran kompor gas dan jumlah plastik yang dibkar maka plastik akan menguap sekitar 10 menit dengan jumlah plastik sekitar setengah killo. untuk hasil yang standar plastik menguap pada suhu sekitar 200 derajat calcius dan untuk mendapatkan hasil BBM setingkat premium suhu penguapanya sekitar 100 derajat calcius. 

Jenis dan Bentuk Alat
Bahan alat
Alat yang dipakai dapat terbuat dari bahan yang dapat menahan panas api karena nantinya plastik akan di bakar. misalkan dari dari bahan seng seperti kaleng, bahan baja atau aluminum yang tahan panas dan tidak ikut meleleh saat dibakar. 
Bentuk alat
bentuk alat ini berua wadah penampung plastik dapat memakai kaleng bekas biskuit, ketel, tabung gas dan lainya. kemudian buatlah lubang diatasnya untuk dijadikan sebagai lubang pipa besi. bentuk pipa besi sendiri dibuat melengkung dan di salurkan ke wadah penampungan dengan ukuran pipa sekitar 3/4 inchi dan panjang sekitar satu meter atau tergantung kapasitas dari wadah penampungan plastiknya.
 
gambar: bentuk alat dan skema

Hasil Produksi
dalam porses ini minyak yang dihasilkan memang memiliki kualitas yang berbeda untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik dapat melaukan penyesuaian suhu seperti yang saya jelasakan diatas dan dapat juga dengan membuat tiga lubang pada pipa pengeluaranya untuk pipa paling ujung dapat menghasilakan jumlah BBM yang paling baik dan yang kedua akan menghasikan BBM yang lebih keruh dan yang terakhir akan menghasikah BBM yang paling jelek. hal ini terganatung keinginan anda apakah mau dibuat demikian atau semuanya dimasukan dalam satu kualitas yang sama.
Produk lain yang keluar dari olahan ini masih ada satu lagi yaitu gas. gas ini keluar melalui pipa yang sama oleh karena itu akan lebih baik lagi jika anda menyediakan pipa satu lagi yang posisinya diatas sebagi pengeluran gas karena gas memiliki sifat yang lebih ringan dari pada minyak tanah atau dapat terbang. kemudian tampunglah gas tersebut, anda bisa menyimpanya dalam wadah sederhana seperti ban dalam dan lainya. pemanfaatan yang paling dekat dari gas ini adalah anda dapat memanfaatkanya sebagai bahan bakar kompor pembakaran anda sehingga tidak ada pengleluaran lagi untuk bahan bakar kompor anda.

gambar: BBM hasil produksi limbah plastik

Apakah anda tertarik untuk mencobanya?

Blog berikutnya
Jenis-jenis bahan plastik dan strategi mendapatkanya
Pembuatan alat pengolah plastik menjadi BBM

References

Posting Komentar untuk "Cara Membuat BBM dari Limbah Plastik"